Usai Tinjau Kantor KUA Buki, Kakanwil Kemenag Sul-Sel Sempatkan Istirahat Di Karang Indah

  • Nov. 30, 2021, 4:33 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Khaeroni sempatkan singgah di Karang Indah Kecamatan Buki usai tinjau Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor KUA Buki. Turut serta mendampingi Kakanwil adalah H. Ali Yavid serta beberapa staf Kemenag Sul-Sel.  

Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan dijadwalkan akan menghadiri beberapa acara penting di Kepulauan Selayar, di antaranya adalah Sosialisasi KMA 660 2021 terkait pembatalan pemberangkatan calon jamaah haji, menjadi pemateri dalam acara pembinaan ASN lingkup Kementerian Agama tentang moderasi beragama, menghadiri undangan Hari Jadi ke 416 Selayar, serta pemateri dalam Dialog Kebangsaan dan Moderasi Beragama yang diadakan oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).

Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang dibangun oleh Kementerian Agama Pusat adalah merupakan Revitalisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan Buki yang telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Revitalisasi yang dimaksudkan adalah bahwa KUA ke depannya diharapkan memberikan pelayanan yang prima, transparan, dan kredibel, baik terkait dengan pelayanan masjid, zakat wakaf, nikah rujuk, manasik haji, serta berbagai pelayanan kemasyarakatan.

Saat meninjau Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Buki, H. Khaeroni menunjukkan beberapa hal yang perlu dibenahi segera agar gedung yang dimaksud dapat lebih indah dan nyaman. Beberapa hal yang ditunjukkan di antaranya adalah penempatan Air Conditioner (AC) yang kurang merata ke semua ruangan dan pipa-pipa yang kurang tertata dengan rapi.

Selain terkait dengan masalah estetika keindahan, Kakanwil Kementerian Agama dan Kabid Haji juga sorot masalah pintu penghubung antar satu ruangan ke ruangan yang lain. Menurutnya, bangunan yang ideal adalah terkoneksinya semua ruangan yang ada. Adapun ruangan yang dimaksudkan oleh beliau adalah ruangan aula yang nampak terpisah dari ruangan lain..

Setelah meninjau dan memasuki semua ruangan Kantor KUA Buki, Kakanwil yang terus didampingi oleh H. Nur Aswar Badulu serta beberapa Kepala Seksi menuju tempat wisata karang indah untuk santap siang sambil menikmati keindahan batu karang yang berada di tepi pantai.

Sambil menikmati makanan tradisional khas Kepulauan Selayar, Kakanwil, Kakankemenag, dan Kabid Haji terlibat dalam perbincangan serius mengenai program-program strategis Kementerian Agama di masa mendatang. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga