Tes IVA dan SADANIS, DWP Kemenag Selayar Ikut Mensukseskan

  • Aug. 10, 2022, 10:53 p.m.

DWP Kemenag Selayar Saat Mengikuti Pembukaan Gerakan Tes IVA dan SADANIS

Benteng (Humas Selayar) Dalam rangka percepatan deteksi dini dan pencegahan terhadap penyakit kanker serviks dan kanker payudara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Selayar mengikuti pembukaan gerakan Tes IVA dan SADANIS yang diselenggarakan secara serentak tingkat nasional melalui zoom meeting, Rabu (10/08).

Kegiatan ini digelar serentak di 34 Kanwil Kemenag Provinsi serta sejumlah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). DWP Kemenag Selayar sendiri menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ny Ponno selaku Ketua DWP Kemenag Selayar mengatakan, gerakan tes IVA dan Sadanis ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan DWP Kemenag RI  dalam rangka memeriahkan HUT  Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. 

Menurutnya, tes IVA dan Sadanis ini adalah pemeriksaan secara sederhana untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker serviks dan kanker payudara.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit kanker serviks dan kanker payudara yang merupakan salah satu penyakit mematikan dan tidak jarang memakan korban" ungkap Ponno di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Selayar Nur Aswar Badulu mengapresiasi semangat para ibu DWP Kemenag Selayar dalam mensukseskan kegiatan berskala nasional ini. Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas dasar kesadaran kaum wanita terhadap pentingnya deteksi dini untuk mencegah terjangkitnya penyakit yang mampu mencederai fisik dan membahayakan.

Dikatakan pula, kegiatan ini adalah momentum yang baik untuk mengertahui ada atau tidak gejala kangker yang diidap, juga mendapatkan pengetahuan terkait pencegahan dan bagaimana perilaku yang sehat agar dapat terhindar dari penyakit kanker.

Terakhir, Nur Aswar berharap melalui gerakan ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan rasa kesadaran yang tinggi wanita-wanita Indonesia terkait pentingnya kesehatan reproduksi perempuan. (na)


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga