Sosialisasi Gerakan SEHATI, Kepala KUA Kec. Bontomanai Wakili Kakan Kemenag Selayar

  • Aug. 2, 2022, 1:12 p.m.

Suasana Sosialisasi Di Aula Kantor Camat Benteng Kab. kepulauan Selayar

BENTENG (Humas Selayar) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) pada hari ini Selasa (02/08) bertempat di Aula Kantor Camat Benteng melaksanakan acara Advokasi Kebijakan Dan Pendampingan Pemenuhan Hak Anak yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Gerakan "SEHATI" (SElesaikan pendidikan, HAsilkan pendapatan & TIba saatnya untuk menikah) sekitar pukul 08.30 WITA.

Acara tersebut dihadiri oleh, Camat Benteng Andi Mastatar, Kadis DP3AP2KB Andi Masaile, Perwakilan Kantor Kemenag Kepulauan Selayar H. Hayuddin Kepala KUA Kec. Bontomanai, Danpos Benteng Sertu. Sudirman, Kepala KUA Kec. Benteng H. Muhammad Amin, para kepala lingkungan, imam lingkungan, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Acara yang dipandu oleh Andi Mulianti ini berlangsung sederhana namun sangat khidmat. Terlihat para undangan sangat antusias menyimak sambutan yang dibawakan oleh Mastatar. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa pendidikan terhadap anak itu sangat penting karena anak-anak bisa mengenal semuanya termasuk Akhlaqul karimah lewat pendidikan baik formal dan informal.

"Para orang tua harus tahu dan menyadari betapa pentingnya perhatian dan pendidikan untuk anak. Kedepan seorang anak akan menjadi seperti apa, semuanya tergantung seperti apa kita mendidik anak-anak kita". Ucap Mastatar dalam sambutannya.

Terkait kegiatan, Andi Masaile juga menyampaikan bahwa Gerakan Sehati ini merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai salah satu langkah pencegahan perkawinan anak usia dini. Dimana perkawinan anak usia dini memiliki konsekwensi yang sangat panjang karena dari segi fisik belum siap, secara psikologis juga belum matang, dan secara ekonomi juga belum bisa memenuhi tanggung jawab dalam rumah tangga.

"Disaat ijab qabul merupakan satu tanda bahwa segala tanggung jawab orang tua telah diserahkan kepada suami sehingga semua beban, baik secara moril dan finansial merupakan tanggung jawab suami sehingga dibutuhkan kesiapan untuk semua hal tersebut. Mudah-mudahan kedepannya setelah sosialisasi ini karena yang hadir adalah sasaran antara, mereka bisa menyampaikan ke masyarakat seberapa penting hal-hal yang dibahas nanti dalam sosialisasi".Ucapnya

Acara tersebut resmi dibuka oleh Camat Benteng yang kemudian dilanjutkan dengan materi-materi sosialisasi. Adapun yang menjadi pemateri dalam sosialisasi adalah Drs. Andi Masaile Kadis DP3AP2KB dan H. Hayuddin, S.Ag Mewakili Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar.

Sekedar untuk diketahui, materi-materi dalam Sosialisasi Gerakan SEHATI adalah Pemenuhan Hak Anak Oleh Drs. Andi Masaile dan Pendewasaan Usia Perkawinan Oleh H. Hayuddin, S.Ag.(nh)


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga