Seluruh Satker Kemenag Selayar Adakan Rakor Di Bira. Ini Pesan Kakankemenag Terkait Anggaran

  • Jan. 11, 2022, 3:11 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar, H. Nur Aswar Badulu bersama Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, H. Firman hadirkan seluruh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan (KUA), dan Kepala Madrasah lingkup Kemenag Selayar pada acara Rapat Koordinasi yang diadakan di Rumah Singgah Pemda Selayar yang terletak di Kawasan Wisata Bira Bulukumba. (Jumat, 07 Januari 2021)

Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka meng-evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2021 dan sekaligus membicarakan beberapa kebijakan dan langkah strateghis dalam Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022. Selain itu, di tempat yang sama juga diadakan Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Penyerahan DIPA Tahun 2022.

Rapat Koordinasi yang melibatkan semua satker lingkup Kementerian Agama, H. Nur Aswar Badulu ajak semua peserta untuk memperhatikan seluruh rencana kerja dan kegiatan yang termaktub dalam DIPA. Menurutnya, saat ini perubahan dan revisi DIPA masih dimungkinkan apabila dibutuhkan.

Dalam Tahun 2022 kita ingin agar pencapaian di akhir Tahun dapat terealisasi 100 persen. Kalau dibagi per-triwulan, maka pada setiap triwulan berjalan realisasi anggaran kita akan naik sebesar 25 persen.” Ungkapnya.  

Lebih lanjut, H. Nur Aswar yang juga adalah dosen pasca sarjana di Universitas Islam Negeri Alauddin, menghimbau seluruh satker agar dalam mengadakan revisi DIPA menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran tekhnis kegiatan. Hal demikian dimaksudkan supaya realisasi anggaran dapat tercapai dan terlaksana secara efektif dan efisien.

Hal lain terkait penggunaan anggaran, Kakankemenag Selayar juga sampaikan bahwa Satker yang realisasi anggarannya belum mencapai 75 persen pada Triwulan Ketiga, maka seluruh anggarannya yang masih tersisa akan terblokir secara otomatis.

Satker yang realisasi anggarannya tidak mencapai 75 persen pada triwulan ketiga, maka anggarannya akan diblokir.” Ungkapnya di hadapan peserta

Selain membahas terkait penggunaan anggaran di Tahun 2022, beliau juga menghimbau agar para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) supaya terus meningkatkan kompotensi dirinya dalam hal pengelolaan keuangan. Untuk hal tersebut, Kakankemenag juga sampaikan bahwa seorang PPK harus memiliki sertifikat kompotensi.

Kita ini harus meningkat dari waktu ke waktu. Nabi kita Muhammad Saw. pernah mengingatkan bahwa orang itu akan celaka hidupnya apabila prestasinya di hari ini adalah lebih buruk dibanding di hari kemarin.” Katanya memotivasi.

Sementara terkait dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), H. Nur Aswar Badulu katakan bahwa SKP masih merujuk kepada Tahun 2021 dengan menggunakan Format baru. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga