Sejumlah Pejabat Jajaran Kemenag Selayar Ikuti Webinar Komitmen Kemenag Dalam Berantas Korupsi

  • Dec. 1, 2021, 3:23 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Sejumlah Kepala Seksi Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar pada hari ini (Rabu, 1 Desember 2021) ikuti Webinar terkait Komitmen Kementerian Agama dalam Meningkatkan Integritas dan Budaya Anti Korupsi dalam lingkup kerjanya.

Di antara pejabat Kemenag Selayar yang terlibat dalam acara dimaksud adalah Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, H. Firman, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, serta Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf.

Pembawa dan pengarah acara dalam Webinar menyampaikan bahwa ikhtiyar yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dan pihak terkait dalam mencegah terjadinya korupsi yang telah men-tradisi dalam kehidupan, hampir telah dilakukan pada semua lini. Namun demikian, menurutnya saat ini hanya ada satu kekuatan yang dapat mewujudkan itu, yaitu kekuatan mimpi untuk menghadirkan negara yang bebas korupsi dengan cara bersatu padu.

Deni Suardini, Inspektur Jenderal Kementerian Agama dalam laporannya menyampaikan bahwa Webinar yang dilaksanakan adalah dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi yang merupakan arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, Webinar tersebut juga adalah sarana untuk terus mengadakan perubahan dan peningkatan ke arah yang lebih baik.

lebih lanjut, Deni Suardini yang merupakan komandan APIP juga jelaskan bahwa Webinar yang diselenggarakan adalah bagian dari upaya Kementerian Agama untuk menciptakan lembaga yang akuntabel dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. A tentunya adalah penyelenggaraan kekuasaan yang diarahkan untuk mencapai tujuan nasional yang lebih luas dengan tingkatan efisiensi, efektivitas, kejujuran, dan kebijaksanaan tertinggi.

Wakil Ketua KPK (Komisi Pemberangkatan Korupsi) Muhammad Ghufron yang juga berkesempatan memberikan sambutan dalam acara penting itu, memaparkan 3 (tiga) strateghi yang dilakukan oleh KPK dalam memberantas korupsi; melalui penindakan, perbaikan system tata kelola kewenangan dan keuangan dalam penyelenggaraan negara sehingga dapat transparan dan akuntabel, serta melalui pendidikan masyarakat. Dalam pandangan Ghufron, poin kedua dan ketiga adalah sangat penting sebab korupsi dewasa ini tidak hanya sekedar permasalahan hukum.

Senada dengan Wakil Ketua KPK, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan

sudah seharusnya Kementerian Agama bisa menjadi contoh, bisa menjadi tauladan pada semua kebaikan, terutama kebaikan melawan korupsi.”

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga sering disapa Gus Yaqut, dalam arahannya juga mencoba me-review pesan Presiden Republik Indonesia saat pertama kali diamanahkan menjadi Menteri Agama.

Perbaiki tata kelola di Kementerian Agama.” Demikian pesan Presiden Joko Widodo kepadanhya saat pertama kali diajak menjadi Menteri. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga