Rakor Lintas Sektoral Persiapan Menyambut Idul Fitri 1443 H Tahun 2022

  • April 27, 2022, 1:52 p.m.

-

 

Benteng (Humas Selayar) Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan kita dan hari kemenangan akan tiba sebentar lagi. Idul Fitri 1 Syawal 1443H yang terkenal dengan ragam kegiatan baik itu mudik lebarn, silaturahim antar keluarga dan lain-lain terkadang berakhir kurang menyenangkan. Oleh karena itu diperlukan persiapan-persiapan guna menyambut hari kemenangan tersebut.

 

Berkaitan dengan hal tersebut hari ini Rabu (27/04/2022) bertempat di Ruang Rapat Kapolres Kab. Kepulauan Selayar digelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1443H Tahun 2022, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kab. Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Drs. Mesdiyono, M. Ec, Dev, selaku Sekda, Kapolres Kab. Kepulauan Selayar  AKBP Ujang Darmawan dan Perwakilan Kodim 1415 Selayar serta banyak lintas sektoral termasuk Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha H. Firman, S.Ag, M.AP

 

Dalam laporannya H. Firman menyampaikan terkait penentuan tanggal 1 syawal 1443H bahwa matahari terbenam dimakassar dan sekitarnya tanggal 01 Mei 2022 masehi terjadi saat pukul 17.58 WITA dan saat itu tinggi hilal hakiki 5⁰03’ sedangkan tinggi lihatnya 4⁰40’. Jadi bisa disimpulkan bahwa tanggal 1 Syawal 1443H jatuh pada Senin tanggal 02 Mei 2022 dan semua ormas-ormas sudah menyatakan bahwa hilal tersebut Hufuq baik yang menggunakan wujudul hilal maupun imqanurruqyah.

 

“Kegiatan ini setiap tahunnya kurang lebih sama, tidak banyak perbedaan kecuali 2 tahun terakhir yang pada awalnya kita dilarang untuk melaksanakan mudik dikarenakan Covid-19. Pada tahun ini kita sudah diberi keleluasaan dengan ditiadakannya larangan mudik yang bisa jadi membuat arus mudik menjadi membludak. Meski demikian kita tidak boleh lengah apalagi sampai melupakan protokol kesehatan” Ujar AKBP Ujang diselah sambutannya.

 

Beliau juga menghimbau agar kewaspadaan masyarakat lebih ditingkatkan lagi karena akhir-akhir ini banyak terjadi musibah, baik itu laka lantas yang berujung maut ataupun musibah kebakaran yang menimbulkan kerugian materil yang teramat sangat terhadap pribadi dan pemerintah. Senada dengan itu Mesdiyono selaku Sekda menghimbau agar instansi-instansi terkait yang bersentuhan langsung dengan hal-hal tesebut seperti dinas PU dalam hal ini terkait pekerjaan jalan agar segera merampungkan pekerjaan sehingga jalan-jalan bisa dipergunakan dengan aman dan nyaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443H.

 

“Kita harus berkolaborasi dengan Lintas Sektoral demi mensukseskan Idul Fitri 1443H ini lebih aman, nyaman dan tanpa gangguan apapun baik dari segi kriminal maupun musibah, amin.”Tutup AKBP Ujang.(Hkm)


Sumber
Penulis : Hikmayanto

Baca Juga