Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kab. Kepulauan Selayar Oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Sul-Sel

  • Dec. 1, 2021, 10:04 p.m.

-

Benteng (Humas Selayar) - Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Selasa (30/11/2021)

PKB bertujuan meningkatkan kompetensi profesional guru melalui kegiatan PKB di KKG dan KKM, meningkatkan hasil Assesmen kompetensi guru, dan memfasilitasi sumber belajar guru. 

Nur Aswar Badulu selaku Ka Kankemenag Kab. Kepulauan Selayar menyampaikan dalam sambutannya "Bahwa kegiatan PKB ini sangat tepat dalam era sekarang dari beberapa hal yang menjadi profesi bagi guru karena kedepan kita ketahui bahwa kompetensi itu tidak dilihat dari profesi kita sekarang, tetapi kita harus memahami bahwa pengajar itu belum tentu pendidik, tetapi pendidik tentu pengajar. Karena dalam rangka meningkatkan profesi dan kompetensi makanya perlu sungguh-sungguh dalam mengajar. Sekarang dengan sistem yang dilakukan Kemenag disamping tingkat kesetaraan guru, kita juga melihat dari pokok Kesadaran dan kompetensi guru tersebut. 

Aswar mengharapkan para guru memiliki mata hati sehingga ada kepedulian kepada siswa-siswi dalam mendidik dan mengajar, dan memahami hakekat yang diajarkan. 

Selanjutnya Kepala Bidang Pendidkan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Rappe menyampaikan dalam arahannya "Kegiatan ini terlaksana sebagai implementasi mega proyek Realizing Education's Promise Support to Indonesia's Ministry of Religious Affair for Improved Quality of Education ( Madrasah Education Quality Reform), dimana didalamnya ada kerjasama antara Kementerian Agama dibawah Direktorat Jendral GTK , World Bank dan Usaid."

"Proyek ini akan terlaksana sampai tahun 2024 dimana sasarannya semua guru dan tenaga kependidikan yang terhimpun dalam suatu wadah Pokja KKG, KKM, MGMP dan POKJAWAS MADRASAH. Dan kemarin baru pelaksanaan tahap I dan rencana tahap ke 2 akan dimulai tahun 2022." Tuturnya. (dp) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga