Pimpinan Daerah Tapak Suci Muhammadiyah Kepulauan Selayar Pusatkan Ujian Kenaikan Tingkat di Pesantren Alquran Babussalam Almuchtariyah

  • June 20, 2021, 7:01 p.m.

-

 

Kepulauan Selayar (Humas Benteng) Sebanyak 56 peserta Tapak Suci se-Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar ikuti ujian kenaikan tingkat yang dipusatkan di Pesantren Alquran Babussalam Almuchtariyah. Ujian kenaikan tingkat yang berlangsung sejak kemarin (Sabtu, 19/06/2021) berakhir tadi sore (Ahad, 20/06/2021).

Muhammad Yamril, mewakili Pimpinan Pesantren Alquran Babussalam dalam sambutannya mengatakan bahwa akal yang sehat terdapat di dalam badan yang sehat. Oleh sebab itu beliau menghimbau kepada segenap peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian ujian kenaikan tingkat. Menurutnya, ujian kenaikan tingkat yang diadakan bertujuan untuk melatih dan membentuk fisik serta mental para peserta agar lebih kuat dan kokoh.

Ujian kenaikan tingkat yang dilaksanakan meliputi ujian tulis, ujian fisik, ujian ketangkasan, dan ujian mental. Salah seorang peserta ujian, Naylah mengatakan bahwa dia merasa senang mengikuti ujian kenaikan tingkat.

saya sangat senang mengikuti ujian tersebut, dapat bergabung dan bercanda dengan teman-teman. Dapat menikmati pemandangan di malam hari, dapat berbagi, dan bahkan berangkulan dengan teman sesama kelompok supaya lebih terjalin rasa persaudaraan.” Ujarnya.

Juswandi yang bertindak sebagai koordinator panitia mengatakan bahwa ada 15 (lima belas) personil yang dilibatkan dalam kepanitiaan. Kelima belas personil panitia itulah yang bertugas mengawasi para peserta saat melakukan jalan malam, ujian fisik di rawa-rawa yang terletak di belakang kampus pesantren, serta saat mandi-mandi di pinggir pantai laut Topa.

Selama pelaksanaan ujian semua peserta berada di dalam kampus dan menempati ruangan yang telah dipersiapkan oleh panitia lokal sejak sehari sebelumnya. Muhammad Ilyas, pembina pesantren babussalam yang diamanahi untuk mendampingi panitia yang berasal dari pimpinan daerah mengatakan bahwa segala yang terkait dengan konsumsi dan akomodasi panitia dan peserta telah difasilitasi oleh pihak pesantren. Itulah sebabnya, maka pihak pesantren juga telah membuat panitia lokal yang terdiri dari 8 orang.

Saat penutupan yang dilaksanakan di lapangan putsal kampus babussalam, muhammad yamril kembali harapkan dan pesankan kepada panitia supaya pelaksanaan ujian dikelola dengan baik agar ke depannya Pesantren Alquran Babussalam juga memiliki kader dan bahkan pendekar.

telah lama kita harapkan agar di Babussalam juga muncul kader dan pendekar nantinya. Itulah sebabnya, maka atas nama pimpinan pesantren mengharapkan kepada pihak panitia agar pelatihan, pembinaan, dan juga ujian kenaikan tingkat supaya dikelola dan dimanage dengan sebaik-baiknya. Pihak pesantren insya Allah juga mendukung dan berupaya menfasilitasi semua hal yang terkait dengan pengembangan tapak suci agar sukses ke depannya.” Pungkasnya di depan semua panitia dan peserta.  

Ahdi, salah satu pelatih senior Tapak Suci yang masih tetap aktif sejak puluhan tahun lalu mengatakan bahwa insya Allah pada Bulan Desember mendatang kita kembali akan laksanakan ujian kenaikan tingkat. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga