Pesantren Nur Ali Buttu Selayar Adakan Rapat Penerimaan Siswa Libatkan Pihak Kemenag dan Dinas Pendidikan

  • Jan. 22, 2022, 9:35 a.m.

Suasana Seusai Rapat Penerimaan Siswa Baru

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren, Hj. Suryani hadiri rapat bersama yang digagas oleh Pengelola Pesantren Nur Ali, H. Ali Gandong yang terletak di Buttu Kecamatan Bontosikuyu. Hj. Suryani hadir didampingi oleh salah seorang Staf Humas Kemenag, Dian Pratiwi. (Jumat, 21 Januari 2022)

Selain dari pihak Kementerian Agama, hadir pula dalam acara penting tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Drs. Mustakim, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Bidang Kurikulum, Kepala Bidang Pemberdayaan, serta Camat Bontosikuyu.

Menurut pengelola Pesantren Nur Ali, H. Ali Gandong yang juga adalah ayah dari Bupati Kepulauan Selayar, rapat tersebut bertujuan untuk membicarakan agenda penting terkait dengan rencana penerimaan siswa/ siswi Pondok Pesantren Nur Ali mulai dari jenjang SD, SMP, sampai SMA.

Dalam rapat yang menghadirkan Pihak Kementerian Agama dan juga Dinas Pendidikan dan Olahraga terungkap bahwa Pesantren Nur Ali tidak hanya mengelola pendidikan ke-pesantrenan, namun pada saat yang sama juga akan menyelenggarakan satuan pendidikan formal yang merujuk ke Kurikulum Dinas Pendidikan dan Olahraga.

Terkait dengan rencana beroperasinya pesantren tersebut pada tahun ini, Drs. Mustakim dalam arahan dan sambutannya mengharapkan agar pihak pengelola segera membentuk tim khusus yang bertugas untuk melakukan pembenahan segala hal terkait administrasi dan juga tim khusus yang diharapkan akan mengeksekusi jalannya proses pendidikan dan pengajaran di dalam kampus.

Karena pesantren ini akan mengelola beberapa jenjang satuan pendidikan, maka Kami harapkan ada tim khusus yang dibentuk yang akan mengadakan koordinasi secara terus menerus, baik dengan pihak Kementerian Agama maupun dengan pihak Dinas Pendidikan dan Olahraga.” Ungkapnya.  

Lebih lanjut, Drs. Mustakim juga menginformasikan bahwa untuk pengurusan Izin Operasional yang menjadi persyaratan awal buat penyelenggaraan satuan pendidikan formal, saat ini pengurusannya dilakukan di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Sekarang ini pengurusan Izin Operasional tidak lagi di Dinas Pendidikan tetapi di PTSP. Walau demikian, pihak yayasan Kami harapkan terus melakukan koordinasi dengan pihak Dinas agar semua dapat berjalan dengan baik.” Ujarnya mengharapkan.

Pesantren Nur Ali Buttu rencananya akan menyelenggarakan satuan pendidikan dengan menggabungkan kurikulum pendidikan nasional dan juga pendidikan ke-pesantrenan dengan system Boarding School. Untuk maksud tersebut, Kadis Pendidikan ungkapkan bahwa Pesantren Alquran Babussalam dapat dijadikan perbandingan nantinya, khusus dalam penngelolaan karena terdapat beberapa kemiripan. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga