Pesantren Hidayatullah Selayar Adakan Peletakan Batu Pertama Pendirian Masjid Kampus

  • April 4, 2021, 10:07 p.m.

-

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Dewan Pimpinan Daerah Hidayatullah Kabupaten Kepulauan Selayar, Hanif, S.Hi mengajak seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi dalam pembangunan masjid Pesantren Hidayatullah yang terletak di dalam kampus. Hal tersebut disampaikan dalam acara peletakan batu pertama yang diadakan pagi menjelang siang di Lokasi Kampus Pesantren yang terletak di Dusun Bonto Katimbang Desa Kaburu Kecamatan Bontomanai. (Ahad, 04/04/2021)

Hadir dalam acara peletakan batu pertama adalah Wakapolres Kepulauan Selayar, Abd. Rahman, Pembina Yayasan Qaryatun Mubarakah, H. Patta Timoro, Staf Humas Kementerian Agama, Muhammad Yamril, Kepala Dusun Bonto Katimbang,  serta beberapa tokoh masyarakat; H. Tajuddin Gusi dan H. Rizal.

Hanif, Ketua DPD Hidayatullah yang sekaligus diamanahi Pimpinan Pusat Hidayatullah untuk mengelola pesantren mengatakan, ”Sebahagian orang mengatakan bahwa miltasi hidayatullah terhadap pimpinan mirip dengan militansi kopassus (Komando pasukan khusus) terhadap komandan dalam militer, walau tidak sebegitu betul. Dalam tradisi Hidayatullah ketika seseorang ditugaskan untuk satu tugas tertentu, maka dia harus mampu menunjukkan ketaatannya. Termasuk saya yang saat ini ditugaskan untuk mengelola pesantren di tempat ini.”

Pesantren Hidayatullah Kepulauan Selayar yang walau perintisannya baru mulai berjalan setahun yang lalu, perkembangannya dalam pandangan sebahagian masyarakat dianggap cukup sukses. Menurut mereka, hal tersebut dapat dilihat dengan perkembangan jumlah fasilitas bangunan kampus yang terus bertambah; rumah tempat tinggal pimpinan dan guru, ruang kelas santri, MCK umum, dan dalam tahap perintisan adalah Masjid Jami Kampus. Selain itu, jumlah jamaah hidayatullah yang semakin berkembang dan penampilan santri-santri cilik siang tadi yang menghafalkan surat annaba dengan cara yang sangat fasih untuk umur mereka.

Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa orang yang membangun masjid walau sebesar sarang burung, maka Allah swt. berkenan akan membangunkan baginya rumah di dalam syurga. Kalau jumlah kepala keluarga yang berdomsili di Dusun Bonto Katimbang ini berjumlah sejumlah 130 dan kesemuanya dapat ber-invest Rp 10.000 dalam setiap bulannya maka niscaya akan terkumpul Rp. 1.300.00 dalam setiap bulannya.” Demikian Ketua Rumah Quran Kepulauan Selayar dalam mengajak dan memotivasi para tamu undangan  untuk ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan masjid yang berukuran 10 X 10 mtr.

Perkembangan lain yang disampaikan oleh Pengurus Pesantren Hidayatullah dan ikut diaminkan oleh masyarakat adalah terealisasinya anggaran pengecoran jalan untuk akses menuju pesantren sepanjang lebih dari 200 meter. Dengan terealisasinya anggaran tersebut diharapkan akses jalan menuju kampus sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat walau hujan mengguyur.

H. Patta Timoro, orang tua, pembina, dan tokoh masyarakat yang selama ini banyak mendukung pesantren Hidayatullah Kepulauan Selayar baik dari sisi moril dan materil sempat mengalami kesulitan dalam perjalanan pulang. Hal tersebut dikarenakan para undangan melewati jalur yang berbukit lagi licin karena guyuran hujan selama kurang lebih 3 hari berturut-turut. (Myr)

 

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga