Pertemuan Rutin Penyuluh Agama Islam Non PNS Kab. Kepulauan Selayar

  • Sept. 28, 2022, 9:40 p.m.

-

Bontosikuyu (Humas Selayar) Acara pertemuan dan pembinaan rutin Penyuluh Agama Islam Non PNS Lingkup Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar kembali digelar pada hari Selasa (27/09). Kegiatan tersebut berpusat di lingkungan kerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bontosikuyu.

Sebagai sebuah agenda rutin, pertemuan ini digelar sebagai ajang untuk silaturrahim antar penyuluh agama Islam sekaligus mengadakan evaluasi dan membahas beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan.

Menurut Sainuddin Kepala KUA Bontosikuyu, kegiatan rutin ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalisasikan tugas penyuluh Agama. Beliau mengatakan bahwa salah satu sarana berkordinasi masalah pelaporan dan tugas penyuluh adalah dengan diadakannya pertemuan.

Kemudian di tempat yang sama, Kasubag TU Kemenag Selayar, H. Firman juga turut hadir pada pertemuan tersebut. Dalam kesempatan itu, H. Firman menyampaikan beberapa hal penting terkait peranan penyuluh agama Islam di tengah masyarakat.

Peranan penyuluh agama disini, lanjutnya, yaitu melaksanakan bimbingan, penerangan dan pengarahan kepada masyarakat dalam bidang keagamaan. Menurutnya, segala permasalahan keagamaan bisa diselesaikan oleh penyuluh agama.

Selain itu, beliau juga menyampaikan harapannya bahwa sekiranya ada tempat yang bisa dijadikan wadah untuk mendiskusikan persoalan atau konsultan terkait masalah-masalah keagamaan sekaligus sebagai tempat pengembangan Literasi Keagamaan.

Dengan begitu, segala bentuk pembinaan dan pelayanan dapat dilakukan para penyuluh agama yang kemudian dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat setempat.

Di akhir sambutannya, beliau berharap melalui pertemuan rutin dan evaluasi ini dapat meningkatkan profesionalitas kepenyuluhan para penyuluh agama di tengah masyarakat, serta semakin inovatif dan kreatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. (na)

 


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga