Pertemuan Bulanan FKPAI, Ini Harapan Kepala KUA Kec. Bontomanai

  • Nov. 22, 2022, 3:27 p.m.

Suasana Dalam Pertemuan Bulanan FKPAI Di Polebunging Kec. Bontomanai

POLEBUNGING ( Humas Selayar ) - Pertemuan bulanan yang menjadi agenda kegiatan bulanan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) pada hari ini Selasa (22/11/22) sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Acara yang berlangsung di Mesjid Nurul Hijrah, Dusun Karajaang, Desa Polebunging Kec. Bontomanai dihadiri oleh Kepala KUA Kec. Bontomanai H. Hayuddin, S.Ag

Turut hadir pula Ketua FKPAI dan Sekretaris Muhammad Taslim, S.T dan Rustam Efendi, S.Pd.I, Penyuluh Agama Fungsional  serta para penyuluh NonPNS kecamatan daratan se Kab. Kepulauan Selayar. Pertemuan bulanan ini dimaksudkan sebagai wadah dimana para penyuluh agama saling mengutarakan perkembangan kegiatan di kecamatan masing-masing.

Dalam pertemuan ini juga para penyuluh akan saling berembuk mencari solusi jika saja ada kendala yang dihadapi teman-teman dalam lapangan serta membahas tentang program-program yang akan dilakukan kedepan dan salah satu program yang menjadi agenda pembahasan kali ini adalah terkait Lomba Penyuluh Agama Islam Teladan Kab. Kepulauan Selayar yang akan dilaksanakan tanggal 27 Desember 2022 mendatang.

Saat dikonfirmasi oleh tim humas, Rustam selaku sekretaris menyampaikan bahwa yang menjadi pokok pembicaraan yakni Juknis kegiatan, Jumlah Utusan, Kategori Bimbingan/Penyuluhan, Jenis Penilaian, Durasi Penampilan dan Materi.

"Persiapan-persiapan menghadapi lomba penyuluh teladan ini harus matang, siapapun yang akan menjadi peserta ada baiknya agar konsultasi dengan para penyuluh yang sudah pernah ikut dalam ajang yang sama pada tahun-tahun lalu". Ujar Rustam.

Senada dengan itu, Ketua FKPAI Muhammad Taslim yang merupakan peserta di Lomba Penyuluh Teladan beberapa tahun lalu juga menyampaikan keseriusan dalam memilih materi.

"Materi dalam lomba yang akan ditampilkan nanti harus sesuai dengan keadaan yang artinya sesuai kenyataan yang kita hadapi di lapangan". Ucap Taslim

Selanjutnya H. Hayuddin selaku Kepala KUA Kec. Bontomanai yang saat itu sempat hadir juga mengapresiasi kegiatan serta semangat para penyuluh dalam melaksanakan tugas di masing-masing objek.

"Apa yang kalian lakukan ini adalah merupakan amalan yang sangat besar dan akan bernilai jariyah karena akan terus mengalir saat apa yang kalian sampaikan diamalkan oleh para jamaah kalian di majelis. Adapun terkait Lomba Penyuluh Agama Teladan ini, saya selaku kepala KUA sangat mendukung dan akan membantu sesuai dengan kapasitas saya selaku kepala KUA". Pungkas H. Hayuddin diakhir sambutannya.

Sekedar informasi, adapun dasar dari pelaksanaan Lomba Penyuluh Agama Teladan Kab. Kepulauan Selayar ini sesuai SK Dirjen Bimas Islam Nomor 505 Tahun 2022, Jumlah utusan sebanyak 2 orang per kecamatan dengan kategori 21 kategori Bimbingan/Penyuluhan. Jenis Penilaian meliputi Penilaian Berkas, Penilaian Penulisan KTI, Penilaian Video, Penilaian Presentasi dengan durasi penampilan 10 menit total dan materi harus sesuai fakta di lapangan.(aa)


Sumber
Penulis : Anggi Anggraini

Baca Juga