Pendampingan Penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN Kepulauan Selayar

  • Sept. 28, 2022, 9:08 a.m.

-

Pakbatteang (Humas Selayar) Di tahun ajaran 2022/2023, terdapat beberapa sekolah yang diwajibkan oleh Pemerintah untuk menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka diterapkan pada RA, MI, MTs, MA dan MAK secara terbatas pada madrasah percontohan/piloting yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

MTsN Kepulauan Selayar sebagai percontohan atau piloting, pada hari Selasa (27/09) mulai mengadakan Pendampingan Penerapan Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 27 sampai dengan 28 September 2022.

Acara yang dibuka oleh Kepala Madrasah Nur Haeda ini dimulai pada pukul 10.00 WITA sampai pukul 14.00 WITA. Pada acara tersebut, seluruh guru tampak antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir.

Pendampingan Penerapan Kurikulum Merdeka pada MTsN Kepulauan Selayar menghadirkan Pengawas Pembina Tingkat Madrasah Tsanawiyah yakni Bapak Jumriadi Thamrin, sebagai pemateri.

Pada kesempatan itu, banyak hal yang disampaikan pada pemaparan materinya yang tentunya berfokus pada penerapan kurikulum merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Selain itu, pada kurikulum ini juga terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. (irm)


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga