Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MAN Kepulauan Selayar Padukan Teknologi

  • Jan. 19, 2023, 2:20 p.m.

Proses Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2022/2023

Benteng (Humas Selayar) Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN Kepulauan Selayar mengadakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2022/2023 dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga termasuk Kepala Madrasah, Wakamad, Guru dan seluruh siswa/i MAN Kepulauan Selayar. Kegiatan ini digelar di Aula Al-Burhan MAN Selayar, Rabu (18/01/23).

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan-kegiatan sebelumnya yaitu mulai dari penentuan pasangan calon, penentuan nomor urut, kampanye, debat, hari tenang dan debat ataupun orasi kandidat.

Adapun tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan yaitu penentuan paslon, penentuan nomor urut, kampanye, debat, hari tenang dan debat tentu yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Kegiatan diakhiri dengan konstalasi politik dengan melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa jabatan 2022/2023. 

Konstelasi politik yang dimaksud sebagai wadah demokrasi di madrasah yang diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu Izzul berpasangan Fikram, Naiyla berpasangan dengan Rianti dan Salsa berpasangan dengan Lutfia. Ketiga pasangan calon ini adalah putra-putri madrasah terbaik untuk maju mengikuti pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.

Kegiatan pemilihan ini layaknya pemilihan umum dimana memiliki tata cara Ketika di TPS. Pengambilan sumpah para panitia TPS mengawali kegiatan ini yang dipandu langsung oleh Ketua Komisi Pemilihian OSIM (KPO) Ratman. Selanjutnya dilaksanakan pemilihan yang diawali oleh Kepala Madrasah diikuti wakil kepala madrasah, kepala TU dan seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan MAN Kepulauan Selayar.

Pemilihan ini berlangsung selama 3 s.d 4 jam termasuk tahap penghitungan. Dari hasil penghitungan cepat suara terbanyak diperoleh pasangan nomor urut 1 yaitu Izzul- Fikram dengan perolehan 44,6% diikuti pasangan nomor urut dua yaitu Salsa- Lutfhia dengan perolehan 41,9% dan terakhir pasangan Nayla- Rianti dengan perolehan 13,5 %.

Setelah diperoleh suara terbanyak dari hasil Quick Count maka dilanjutkan sidang pleno oleh KPO untuk mensyahkan ketua dan wakil ketua OSIM masa jabatan 2022/2023. Berdasarkan hasil penghitungan cepat dan hasil pleno KPO, maka diputuskan bahwa pasangan dengan nomor urut 1 yaitu Izzul-Fikram ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil ketua OSIM masa jabatan 2022/2023 MAN Kepulauan Selayar.

Ketika ditemui disela-sela kegiatan, Wakamad Kesiswaan menyatakan bahwa memang proses pemilihan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk mengikuti perkembangan teknologi, kami memadukan teknologi berbasis android sehingga prosesnya akan cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Sementara Kepala Madrasah Sofanul Hidayatullah mengatakan bahwa pemilihan ini menjadi proses pembelajaran demokrasi bagi peserta ini dimana kami melihat ada proses yang dilalui oleh calon kandidat yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO). 

Pemilihan ketua dan wakil ketua tahun ini menggunakan 9 bilik suara dengan tekhnik pemilihan menggunakan Paedagogy Tecknology yakni menggunakan system hitung cepat (Quick Count).Tujuannya adalah untuk mengefektif kan waktu dan mengefesienkan perlengakapan seperti kertas dan lain sebagainya.

Diakhir Sofanul mengharapkan semoga Ketua dan Wakil Ketua terpilih OSIS, mampu bertanggung jawab dan bisa bekerja sama dengan pengurus Organisasi lainya untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi, dan dapat menjadi teladan atau contoh yang baik bagi peserta didik MAN Kepulauan Selayar. (sh)


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga