Pemda Kabupaten Kepulauan Selayar Siap Jadi Tuan Rumah STQH Tahun 2023

  • June 5, 2021, 6:21 a.m.

-

 

Kepulauan Selayar (Humas Benteng) Abd. Rahman Made, Kepala Bagian Kesra Pemkab. Kepulauan Selayar turut hadir dalam Rapat LPTQ yang digelar di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Pemkab. Sidrap. (Jumat, 04/05/2021). Selain Kabag. Kesra turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Selayar, H. Nur Aswar Badulu dan seluruh pengurus LPTQ Kabupaten/ Kota se-Sulawesi Selatan

Rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang dipimpin langsung oleh Ketua Harian LPTQ Sulawesi Selatan, memutuskan Rusdi menyampaikan 2 (dua) hal penting akan menjadi agenda utama rapat; penentuan yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran untuk Tahun 2022 dan tuan rumah Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits Tahun 2023.

Untuk pelaksanaan MTQ Tahun 2022 Rapat LPTQ memutuskan Kabupaten Bone sebagai tuan rumah. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Rusdi kepada para peserta rapat dan diaminkan oleh semua pengurus LPTQ yang sempat hadir dalam acara penting itu.

Rapat mulai alot saat memasuki pembahasan tentang tuan rumah STQH ke- 33  yang dijadwalkan akan berlangsung pada Tahun 2023 mendatang. Pembahasan ini menarik perhatian semua peserta, pasalnya Pemkab. Kepulauan Selayar dan Pemkab. Toraja Utara masing-masing menyatakan siap menjadi tuan rumah. Hal ini disampaikan oleh Pemkab. Toraja Utara dengan alasan bahwa daerahnya belum pernah menjadi tuan rumah untuk acara bergensi ini. Sementara itu, Perwakilan Kepulauan Selayar dengan alasan promosi destinasi wisata sangat berharap agar Penyelenggaran STQH pada 2 tahun mendatang dilaksanakan di daerahnya.

Sampai akhir Rapat Koordinasi menjelang pelaksanaan shalat dhuhur, pihak panitia LPTQ belum dapat memutuskan salah satu di antara 2 nominator tersebut di atas. Walau demikian, dari hasil koordinasi antara Ketua Harian dan Ketua LPTQ Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman diperoleh kesimpulan bahwa kedua daerah tersebut diharapkan membuat proposal yang akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam penetapan Rapat STQH selanjutnya.

Kakankemenag Selayar, Nur Aswar Badulu saat dikonfirmasi mengenai tanggapan Bupati, Basli Ali,

Pada prinsipnya Selayar siap ditempatkan event STQH 2 tahun kedepan.  Sesuai hasil konsultasi dgn Bupati bahwa Selayar siap tetapi jangan minta. Kalau sdh ada Surat Keputusan (SK) penunjukan tuan rumah, nanti kita akan persiapkan segala sesuatu yg dijadikan tempat ajang lomba, akomodasi, transportasi, acara, dan lain-lain.” Ujarnya. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga