Pelaksanaan ANBK, Kasi Penmad Kemenag Selayar Adakan Pemantauan

  • Sept. 22, 2022, 9:18 p.m.

Suasana Pelaksanaan ANBK Di Lab. Komputer MTs. Nurul Yaqin Benteng

BENTENG ( Humas Selayar ) - Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tingkat Madrasah Tsanawiyah hari Rabu (21/09/22) pada MTs Nurul Yaqin dan Muhammadiyah Benteng. H. Firman Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar dalam hal ini selaku Pelaksana Tugas Harian kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) melakukan pemantauan ANBK didampingi staf Penmad Sukardi Syamsi dan Andi Rostina.

ANBK adalah adalah sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

MTs. Nurul Yaqin Benteng yang menjadi target awal pemantauan sambut rombongan di halaman Madrasah. Terpantau Andi Muliyati Kepala Madrasah (Kamad) ikut hadir sambut rombongan. Suasana hangat penuh kekeluargaan sangat terasa saat itu, rombongan langsung diarahkan ke ruang Lab. Komputer dimana ANBK berlangsung.

Muliyati menyampaikan bahwa ANBK akan berlangsung selama 2 (dua) hari sejak tanggal 21 September dengan materi Literasi dan Survei Karakter, selanjutnya tanggal 22 September 2022 dengan materi Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar dan dimulai pukul 7.30 WITA setiap harinya.

H. Firman bersama staf kemudian meninjau ruang ANBK dan menyaksikan para peserta yang sedang terfokus kepada komputer dihadapan mereka masing-masing. Diselah peninjauannya H. Firman mengapresiasi semangat para peserta yang sangat antusias dalam ANBK.

"Anak-anak sekarang memang harus melek tehnologi karena di era globalisasi seperti sekarang ini dimana tehnologi semakin berkembang bisa-bisa mereka ketinggalan dan boleh jadi tergilas apabila mereka tidak memahami itu semua". Ucapnya

Menurut beliau, mutu satuan pendidikan bisa kita lihat salah satunya dari seberapa besar para siswa mengenali dan memahami alat-alat pendukung yang digunakan saat pembelajaran. Disamping itu pembangunan Karakter dan serta akhlaq setiap siswa juga menjadi alat ukur kualitas satuan pendidikan. Ungkap H. Firman

Selanjutnya H. Firman bersama staf menuju MTs. Muhammadiyah Benteng yang merupakan target kedua pemantauan ANBK. Hj. Nadiman yang merupakan Kamad bersama segenap guru dan panitia ANBK sambut kedatangan Kasi Penmad beserta rombongan.

Sama halnya dengan MTs. Nurul Yaqin, pelaksanaan ANBK di MTs. Muhammadiyah juga berjalan dengan baik. Terpantau para peserta sangat antusias dalam pelaksanaan. Hj. Nadiman selaku Kamad menyampaikan bahwa peserta yang sedang melakukan ANBK sejumlah 18 orang yg terdiri dari 9 (sembilan) orang sesi pertama dan 9 (sembilan) orang di sesi kedua.

"Pelaksanaan ANBK hari ini berjalan dengan lancar, namun ada sedikit kendala di sesi kedua karena jaringan drop. Namun semua itu bukan keinginan kita karena keadaannya memang seperti itu oleh karena itu para panitia tetap memantau siswa dikarenakan jaringan yang terkadang bagus dan terkadang drop". Pungkas Nadiman saat dimintai keterangan.

Senada dengan itu H. Firman juga menyampaikan harapannya agar kedepan saat pelaksanaan ANBK jaringan bisa distabilkan, entah itu bekerjasama dengan provider penyedia akses internet dan lain-lain.(nh)  


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga