Menciptakan Karakter Disiplin dan Bertaqwa, Siswa Mts Muhammadiyah Benteng Rutin Shalat Berjamaah

  • Jan. 25, 2023, 2:28 p.m.

-

Benteng (Humas Selayar) Menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia untuk menghamba pada kekuatan yang melebihi dirinya. Hal ini mewujud dalam ibadah untuk menyembah atau mensucikan Pencipta. Dalam prakteknya, tentunya mengikuti aturan yang ditetapkan dalam kitab suci yaitu mencakup kebenaran yang bersumber dari Pencipta. 

Menyangkal penghambaan kepada pencipta membuat manusia menjadi tidak utuh. Islam secara sempurna mengatur hal ini dalam bentuk Ibadah Mahdhah salah satunya adalah shalat.

Bagi sebagian orang bahkan kalangan penganut Islam sekalipun tidak mudah menjalankan perintah shalat ini. Sebab, mesti rutin dilakukan 5 waktu dalam sehari yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.

Hal inilah yang disadari oleh pihak sekolah yang notabene adalah tempat terbentuknya karakter beriman generasi muda sebagai pelanjut masa depan. MTs Muhammadiyah Benteng memilih untuk menciptakan kebiasaan beribadah melalui shalat dhuhur berjamaah di sekolah.

Selain diyakini menghadirkan pahala 27 kali  lipat, shalat berjamaah juga memiliki beragam keistimewaan yang dibutuhkan oleh para peserta didik. Hal ini diungkapkan oleh Kepala MTs Muhammadiyah Benteng, Nadiman, S. Ag.

"Shalat dhuhur berjamaah dilakukan di sekolah selain karena pahalanya 27 kali lipat, ini sekaligus menciptakan kedisiplinan juga mengajarkan persatuan dan kesatuan di antara para peserta didik", Kata Nadiman saat ditemui di ruangannya pada Selasa (24/1/2023).

Pernyataan tersebut diperkuat oleh Aprilia dan Gefira, siswa kelas XI.

"Saya sangat senang dengan shalat berjamaah ini karena kita akhirnya bisa shalat tepat waktu", ungkap Gefira.

"Saya juga senang karena membuat kita bisa disiplin shalat", tambah Aprilia.

Rutin dilakukan sebelum waktu pulang sekolah menjelang, kegiatan shalat dhuhur berjamaah dikontrol oleh guru dengan pencatatan yang tertib. Perpustakaan sekolah difungsikan sebagai tempat shalat dhuhur berjamaah tersebut.

Harapan tak lupa disampaikan oleh Kepala MTs Muhammadiyah terhadap kegiatan shalat dhuhur berjamaah tersebut. 

"Kami berharap bisa mendidik para peserta didik beriman dan bertaqwa agar bisa berkontribusi terhadap bangsa", harap Nadiman. (mi) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga