KUA Kec. Buki Bersama Penyuluh Gelar Pengajian Majelis Taklim : Manusia Sebagai Khalifah

  • Jan. 19, 2023, 10:17 p.m.

-

Buki (Humas Selayar) Kepala Kua kec. Buki bersama penyuluh agama Islam dan staf mengikuti pengajian MT. Buki Manai yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Buki, Kamis (19/01/23) dengan Tema : Manusia Sebagai Khalifah dalam fungsinya mengelolah alam.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai pemateri Nurhayati, sebagai Mc Saadah Samad dan pembaca Ayat Suci Al-Qur'an oleh Melianti, S.Pd.I. 

Setelah kegiatan pengajian dilanjutkan dengan membuat kerajinan topi dari daun kelapa. 

"Salah satu tujuan dari tema kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kami semua, bahwa fungsi manusia sebagai khalifah adalah mengelolah alam dengan tetap menjaga keseimbangannya." Ujar Muhammad Usman Kepala KUA Kec. Buki. 

Muhammad Usman melanjutkan bahwa manusia sebagai khalifah sudah sepatutnya mampu menjaga dan memanfaatkan alam ini dengan sebaik-baiknya sebagai rasa syukur. Bahkan Al-Qur'an telah memberikan konsep yang ideal dengan nilai-nilai luhur dalam pengelolaan sumber daya alam, seperti konsep ihyaul mawat atau menghidupkan lahan mati dan al imar atau memakmurkan alam sekitar, agar manusia lebih bertanggung jawab  ketika mereka hendak berinteraksi dan mengelolah sumber daya alam. 

"Salah satu upaya memelihara keseimbangan alam adalah dengan menggunakan kebutuhan perlengkapan hidup dari bahan-bahan yang alami dari alam yang ada disekitar kita, yang tentunya di samping murah, juga dapat bernilai ekonomi dan pastinya tidak memiliki mudarat bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Tetapi tentunya ini merupakan tantangan bersama umat manusia yang kita hadapi, karena kemajuan teknologi juga banyak memberikan manfaat kemudahan bagi manusia dalam menjalani kehidupan yang modern dan lebih praktis." Tambahnya. 

Dengan demikian, Islam mengharapkan kemajuan teknologi dalam mengelolah sumber alam, tetap pada koridor menjaga keseimbangan alam sesuai dengan konsep ajaran Islam. (mu) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga