Kolaborasi KUA Buki Dengan Mahasiswa KKN UINAM, Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

  • Nov. 12, 2022, 8:49 p.m.

-

Buki (Humas Selayar) KUA Kecamatan Buki bekerjasama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 69 UIN Alauddin Makassar Desa Buki Timur Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar mengadakan pelatihan penyelenggaraan jenazah di Balai Desa, Kamis (10/11/2022).

Kepala Desa Nur Kamar dalam sambutannya, mengatakan bahwa “Ini merupakan salah satu program kerja yang sangat penting, salah satu hikmah dari kegiatan ini di samping terjalinnya silaturahim, juga dengan sendirinya mengingatkan kita akan kematian". 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa, P4, Kepala KUA, dan 3 orang Penyuluh Agama Islam, Mahmud, Anggi Anggraeni, Rismayanti, serta para peserta penyelenggaraan jenazah dari beberapa dusun di desa Buki Timur. 

Kepala KUA Kec. Buki Muhammad Usman, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan penyelenggaraan jenazah, karena semua manusia akan diuji dengan musibah kematian keluarga, bahkan pada akhirnya kitapun akan meninggal dunia. Tetapi Rasululah SAW dalam haditsnya mengajarkan agar kita tidak meninggal dunia kecuali tetap pada husnudzon pada ketetapan Allah. Sehingga meskipun di setiap desa di Kab. Kepulauan Selayar telah ada Petugas Penyelenggara jenazah, namun praktek penyelenggaraan jenazah sangat penting untuk diketahui oleh setiap pribadi karena keutamaan dari penyelenggaraan jenazah tersebut lebih utama dilakukan oleh keluarga jenazah sendiri.

“Demikian pula harapan kami kepada mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, kiranya dapat hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan pemahaman yang di butuhkan, sehingga dapat menjadi manusia yang terbaik karena banyak memberikan manfaat pada sesama”. Terangnya. (mu) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga