Kerjasama Dengan Kemenag Selayar, KKM Adakan Webinar Nasional

  • Oct. 11, 2021, 1:44 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kabupaten Kepulauan Selayar ajak Kantor Kementerian Agama adakan Webinar Nasional yang bertamakan Potret pendidikan di Era Pandemi, antara harapan dan realita. Acara penting tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dengan melibatkan beberapa tokoh penting nasional, di antaranya adalah Dr. Muhammad Zain, M.Si, Direktur Guru dan tenaga kependidikan Republik Indonesia, Mohammad Nuruzzaman, Staf Khusus Menteri Agama bidang hubungan antarkementerian dan lembaga, serta KH. Khaironi, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Ketua Panitia Webinar Nasional, Alham Radjab, tujuan terselenggaranya webinar tersebut adalah dalam rangka menjawab kegalauan dan kegelisahan banyak kalangan; orang tua, guru, dan tokoh bangsa terkait kondisi pendidikan para peserta didik di semua jenjang, khususnya di masa pandemi covid-19.

Saat ini, pendidikan kita di persimpangan jalan, di sana terdapat perubahan besar-besaran dalam system dan metode pendidikan kita, bahkan kurikulum pun mengalami perubahan. Tidak dapat dipungkiri ke depannya, bahwa digitalisasi akan sedikit menggeser peran para guru sebagai tenaga pendidik.” Tandasnya.

Sementara itu, Khaironi dalam sambutannya saat membuka acara webinar mengatakan bahwa Moderasi Beragama juga perlu disosialisasikan kepada seluruh jenjang pendidikan dan lapisan masyarakat agar semuanya dapat terhindar dari faham radikalisme. Senada dengan itu, Nuruzzaman juga ikut ingatkan bahwa Moderasi Beragama sudah saatnya digencarkan dalam dunia pendidikan serta lembaga keagamaan mengingat radikalisme telah menjadi isu internasional.

Selain dihadiri oleh Tokoh Penting Nasional, acara Webinar yang diselenggarakan di Aula Kementerian Agama turut menghadirkan puluhan peserta yang terdiri Kepala Seksi lingkup kementerian, Kepala Madrasah Aliyah (MA), Kepala Madrasah Tsanawiyah (Mts), Kepala Madrasah Ibtidiyah (MI), Guru Raudhatul Athfal (RA), serta beberapa lapisan masyarakat yang ikut secara online.  

Acara yang dipandu oleh Hosting Special, Andi Husnawati berlangsung sampai menjelang pelaksanaan shalat dhuhur. Salah seorang peserta Webinar mengatakan bahwa beliau telah sangat bersyukur dengan adanya Webinar ini. Menurutnya, hal-hal yang selama ini menjadi kegelisahan dalam dirinya telah peroleh sedikit pencerahan dari para pemateri yang memang ahli dalam bidangnya.

Nur Aswar Badulu, Kepala Kementerian Agama Kepulauan Selayar dalam paparan materinya berkenan menyampaikan Strateghy dan Kebijakan yang dilakukan oleh Kanwil Kementerian Agama dalam mewujudkan Moderasi Beragama di Provinsi Sulawesi Selatan.  

 

 

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga