Kepala Sekolah Mis Aisyiyah Terlibat Diskusikan Safari Ramadhan Bersama Muhammadiyah

  • April 10, 2021, 1:48 p.m.

-

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Bertempat di Balai Komunitas Pondok Pesantren Alquran Babussalam, Alham Radjab, Kepala Sekolah Mis Aisyiyah yang juga adalah Ketua Majlis Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Kepulauan Selayar berkenan menerima Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Pontren Babussalam untuk evaluasi program yang telah berjalan dalam Majlis Pengembangan Cabang dan Ranting pagi tadi (Sabtu, 10/04/2021)

Acara rutinitas pekanan yang diadakan pada setiap sabtu setelah shalat shubuh itu, menurut Drs. Abdullah, Ketua PDM Muhammadiyah Kepulauan Selayar adalah dalam upaya mengevaluasi perjalanan Muhammadiyah dari pekan ke pekan berikutnya. Dengan pola seperti ini, diharapkan ke depannya Muhammadiyah yang juga merupakan organisasi terbesar di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan Kepulauan Selayar.

Dalam acara yang dihadiri oleh beberapa PDM Muhammadiyah; H. Saiful Arif (Wakil Bupati Kepulauan Selayar), Drs. Abdullah, Muhammad Husni, S, Ag, H. Ruknuddin, H. Saharuddin, H. Mappabangka, Ihsan Maro, M. Si, H. Nasir, dan Adi Sucipto dibicarakan berbagai hal penting terkait peningkatan Cabang dan Ranting Muhammadiyah, safari Ramadhan,  dan pelaksanaan shalat idul fitri.

Alham Radjab, Ketua Majelis Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Kepulauan Selayar dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah Cabang Muhammadiyah yang ada sampai pada hari ini berjumlah 14 cabang dengan 54 ranting yang tersebar di semua Kecamatan Daratan dan Kepulauan Kabupaten kepulauan Selayar.

Saiful Arif, salah satu unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah sangat mengapresiasi laporan yang disampaikan oleh Alham Radjab dengan mengatakan,

Laporan cukup detail dan disampaikan dengan sangat rinci, saya cuma menambahkan agar juga perlu diidentifikasi majlis-majlis taklim yang dibina langsung atas nama Muhammadiyah atau majlis-majlis taklim yang dibina secara rutin oleh personal-personal muhammadiyah. Dari sana nantinya kita berharap agar perkembangan cabang dan ranting muhammadiyah dapat terpantau.”

Sementara itu, Drs. Abdullah juga memberikan beberapa arahan penting yang akan dibicarakan. Menurutnya, pemanfaatan Pusdam, Jadwal Ramadhan, sosialisasi putusan tarjih muhammadiyah terkait waktu shubuh, dan safari Ramadhan ke cabang dan ranting adalah hal-hal penting yang perlu didiskusikan.

setelah mengadakan perbincangan dengan Ketua Dewan Masjid beberapa waktu lalu, dalam hal ini H. Arfang Arif kami sepakati bahwa untuk Kepulauan Selayar putusan ini tetap kita sosialisasikan namun belum diterapkan di masjid-masjid dengan pertimbangan mengantisipasi kemungkinan terjadinya gejolak yang tidak diinginkan di tengah-tengah masyarakat.” Kata Saiful Arif kepada peserta rapat.

Saharuddin yang bertugas mengatur jalannya acara rapat, mengatakan di akhir acara agar Muhammadiyah dapat mempersiapkan hal-hal terkait administrasi pembentukan ranting dan cabang, menyiapkan format data majlis taklim muhammadiyah, serta hal terkait dengan penjagaan tanah wakaf miliki muhammadiyah. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga