Kemenag Selayar Segera Jalankan Aksi Menuju WBK dan WBBM

  • Jan. 12, 2022, 4:22 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar, H. Nur Aswar Badulu kumpulkan Anggota Tim Pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) di Aula Kantor Kementerian Agama hari ini. (Rabu, 12 Januari 2022)

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, H. Firman yang hadir mendampingi Kakankemenag mengatakan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar terpilih menjadi Pilot Project dalam pelaksanaan implementasi Zona Integritas. Menurutnya, Kemenag Kepulauan Selayar adalah salah satu instansi yang paling layak dalam pandangan Inspektorat dengan berbagai pertimbangan, di antaranya adalah paling sedikit temuannya.

Masuk dalam Tim Pembangunan Zona Integritas adalah Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, dan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kakankemenag Selayar, H. Nur Aswar Badulu dalam arahannya menyampaikan bahwa Rapat sengaja diadakan dalam rangka membuat perencanaan yang bersifat aplikatif untuk segera menuju Wilayah yang bebas korupsi,  bersih, serta melayani.

Menurut H. Aswar, demikian kadang beliau disapa, Zona Integritas sudah sangat sesuai dengan Motto Kemenag Selayar yang terangkum dalam satu kata, yaitu PRIMA (Professional, responsive, integritas, melayani, dan akuntabilitas).

Dalam sesi tanya jawab, Kasi Pendidikan Madrasah, Hj. Andi Nirmala mengusulkan beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai rencana aksi dalam meng-implementasikan Zona Integritas. Dalam pandangannya, melayani publik dan semua pengguna jasa Kementerian Agama secara maksimal sehingga dapat merasa nyaman dan puas adalah bagian dari implementasi Zona Integritas.

salah satu langkah untuk mengetahui sejauh mana kepuasan para pengguna jasa terhadap layanan kementerian agama adalah dengan cara menyediakan kotak aduan, baik secara online maupun langsung.” Ungkapnya.

H. Firman yang bertugas mendampingi Kakankemenag dan memandu jalannya acara, juga ungkapkan bahwa beberapa instansi vertikal di Kepulauan Selayar dapat dijadikan rujukan, minimal menjadi tolok ukur dalam pelaksanaan Zona Integritas. Di antara instansi vertikal yang dimaksudkan adalah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Kantor Kejaksaan, Kantor Pengadilan Agama, dan Kantor Pengadilan Negeri.

Sebelum meninggalkan tempat, Kakankemenag Selayar instruksikan agar semua satker yang ada supaya dapat memasang papan informasi terkait SOP yang ada dalam wilayah kerja masing-masing.  

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga