Kemenag Selayar Hadirkan Kakanwil Pada Acara FGD. Kelembagaan KUA

  • Oct. 8, 2021, 10:47 a.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Acara Fokus Grup Discussion (FGD) Kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA) yang digelar oleh Seksi Bimas Islam Kepulauan Selayar berhasil hadirkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Khaironi dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Muhammad Tonang Cawidu sebagai pemateri. (Kamis, 07 Oktober 2021)

FGD yang diadakan di Aula Kementerian Agama pada pagi menjelang siang tadi juga turut dihadiri oleh seluruh Kepala KUA se-Kabupaten Kepulauan Selayar, Penyuluh Agama Islam, dan Operator BOP Kantor Urusan Agama. Selain mereka, acara penting ini juga ikut dihadiri oleh hampir seluruh Kepala Seksi Kantor Kementerian Agama; Seksi PD. Pontren, Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Seksi Pendidikan Agama Islam, Seksi Pendidikan Madrasah, Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf, serta Seksi Bimas Islam.

Kepala Seksi Bimas Islam, Saiful Herman menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diadakannya FGD adalah rangka menyampaikan kepada seluruh masyarakat terkait peran KUA di tengah-tengah masyarakat sebagai garda terdepan Kementerian Agama.

Maksud dan tujuan FGD yang diadakan pada hari ini adalah dalam rangka menyampaikan peran KUA di tengah-tengah masyarakat serta tersosialisasikannya berbagai program-program Kementerian Agama lewat peran-peran KUA.” tandasnya.

Dalam sambutannya, Saiful Herman juga sampaikan bahwa saat ini Kantor Urusan Agama juga harus mampu menjadi pionir dalam mewujudkan KUA yang moderat. Moderat menurutnya, KUA harus memberikan pelayanan yang sama kepada semua pengguna jasa, tanpa melihat perbedaan strata masyarakat, suku, dan agama mereka.

Sementara itu, Khaironi, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang menyampaikan arahannya secara virtual mengharapkan agar KUA yang ada di setiap kecamatan  dapat menjadi role model dalam penerapan moderasi beragama.

Kami harap semua KUA dapat membangun kolaborasi dengan semua lembaga keagamaan  terkait seperti Kapolsek dan Danramil, serta juga menjadi pionir dalam mewujudkan moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat.” Katanya

Khaironi sebelum meninggalkan acara juga berpesan supaya FGD yang dilaksanakan pada hari itu dapat mengeluarkan suatu rekomendasi yang nantinya dapat dilaksanakan di semua KUA yang ada di seluruh Indonesia.

Nur Aswar Badulu dalam sambutannya sebagai Kakankemenag Selayar menyebutkan beberapa indikator penting dalam revitalisasi KUA. menurutnya, KUA yang bersih, pemberian pelayanan yang prima kepada semua pengunjung, terhindar dari gratifikasi, dan pelaksanaan fungsi Kementerian Agama secara utuh dalam bidang keagamaan adalah bagian dari revitalisasi KUA. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga