Kemenag Kepulauan Selayar Laksanakan Rukyatul Hilal

  • April 14, 2021, 4:01 a.m.

-

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Bersama dengan Tim Rukyatul Hilal yang terdiri dari Kantor Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Pengadilan Agama Kepulauan Selayar, Nahdatul Ulama, serta Wahdah Islamiyah mengadakan kegiatan rukyatul hilal yang diadakan di Appabatu pada hari Senin, 12/04/2021.

Kegiatan Rukyatul Hilal dilakukan dalam rangka penentuan awal Bulan Hijriyah yang biasanya dilakukan untuk menentukan 1 (satu)  ramadhan dan 1 (satu) syawal.  Rukyah Hilal yang dilaksanakan pada hari senin kemarin adalah dalam rangka menentukan awal bulan suci Ramadhan Tahun 1442 H.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, kegiatan Rukyatul Hilal untuk Tahun 1442 H. dilakukan secara serentak dan dengan memanfaatkan tekhnologi berupa aplikasi zoom meeting yang dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.  Menurut Andi Saiful Herman, penggunaan tekhnologi tersebut memungkinkan semua Tim Se-Indonesia dapat melakukan koordinasi secara langsung serta hasil rukyah dapat terpantau dalam waktu yang bersamaan di semua titik lokasi.

Dengan menggunakan Teleskop sederhana, Tim Rukyah Kepulauan Selayar yang berjumlah 25 orang telah hadir di lokasi pemantauan pada pukul 17:00 Wita. Saiful Herman, Kepala Seksi Bimas Islam yang menjadi leading sector kegiatan ini mengatakan bahwa saat pemantauan dua hari yang lalu, keadaan agak berawan  sehingga bulan tidak dapat terlihat untuk daerah Kabupaten Kepulauan Selayar. Walau demikian, Pelaksanaan puasa tetap dilakukan sebagaimana hasil hisab muhammadiyah karena di sebahagian lokasi pemantauan di Indonesia Hilal dapat terlihat dengan jelas. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga