Kemenag Kepulauan Selayar Berhasil Tuntaskan Monev KUA Di Enam Kecamatan Dalam Tiga Hari

  • July 10, 2021, 1:51 p.m.

-

 

BENTENG (Humas Selayar) - Setelah dilaksanakan selama tiga hari secara beruntun, monitoring evaluasi (Monev) triwulan ke tiga tahun 2021 Bimas Islam Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar pada enam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ibu kota berakhir di KUA Benteng, Jum'at (9/7/21).

 

Kepala seksi Bimas Islam Andi Saiful Herman mengatakan, sejak hari pertama hingga selesai tidak ditemukan kendala dalam administrasi dan pencatatan peristiwa nikah KUA. Seluruh proses layanan dilakukan sesuai ketetapan prosedur. Monitoring berjalan lancar.

 

Kunjungan bermula di KUA Bontomanai dilanjutkan ke KUA Kecamatan Benteng. Kantor yang merupakan terdekat dalam jangkauan. Selain itu, KUA yang kerap jadi perwakilan di setiap lomba teladan ini juga sangat dekat dengan kantor Kemenag Selayar.

 

Sedangkan penyelenggara zakat wakaf (Penzawa) Hartawati yang tergabung dalam kujungan monev ini mengungkapkan pendataan tanah wakaf yang dilakukan saat ini merupakan tahap pertama yang akan dilanjutkan juga pada saat yang sama di Kepulauan bersama Bimas Islam.

 

"Selain itu, Penzawa juga melakukan pendataan personil KUA untuk kelengkapan data SIWAK (Sistem Informasi Wakaf). " ungkap Hartawati.

 

Hartawati juga sempat bersosialisasi dengan para penyuluh setempat tentang zakat. Ia menyebutkan, penyaluran zakat sebaiknya melalui badan amil. Hal ini terdapat dalam PMA No 52 tahun 2014.

 

Untuk kunjungan selanjutnya, Saiful menambahkan menunggu cuaca membaik untuk melakukan pelayaran ke Kecataman yang berada di beberapa pulau Selayar

 

"Untuk pemberangkatan ke pulau nanti bulan bulan sepuluhlah. Kita lihat saja, mungkin saat itu  lautnya tenang Insya Allah kalau tidak ada halangan." tambah Saiful. (Ms)


Sumber
Penulis : Munir Surianto

Baca Juga