Kasubag TU Kemenag Selayar Hadiri Rapat Koordinasi Optimalisasi Fungsi Masjid Kep. Selayar

  • Jan. 25, 2023, 4:33 p.m.

-

Benteng (Humas Selayar) Dewasa ini peranan masjid dalam menyelesaikan permasalahan sosial keagamaan semakin mengalami kemunduran. Begitu banyak masjid yang dibangun hanya sebagai simbol ketimbang menjadi sarana untuk membangun umat. 

Menanggapi fenomena diatas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kep. Selayar yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kep. Selayar, Firman, menghadiri rapat koordinasi (rakor) yang dilaksanakan di ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Bupati Kab. Kep. Selayar, Selasa (24/01/2023) dengan titik fokus pembahasan yakni optimalisasi fungsi masjid.

Dalam pelaksanaan rakor tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Kab. Kep. Selayar Saiful Arif, dan dihadiri oleh Ketua MUI Kep. Selayar, Ketua Dewan Masjid, Ketua Baznas, Ketua Lazismu, Para Anggota Forum, Para Anggota IKADI, Para Ketua Organisasi Keagamaan, dan Para Panitia Masjid se Kota Benteng dan sekitarnya.

Saiful Arif katakan bahwa kita berharap masjid kedepan tidak hanya dan tidak khusus dijadikan sebagai sarana habluminallah, tetapi mesjid difungsikan juga sebagai habluminannas, berfungsi sosial, dan juga fungsi masjid dalam meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) dimana IPM adalah salah satu indikator keberhasilan suatu pemerintahan. Dan yang menjadi indikator utamanya adalah pendidikan, kesehatan, dan Kesejahteraan.

"Untuk meningkatkan IPM tersebut yaitu menjadikan salah satu mesjid yang memiliki potensi dalam mengfungsikan sebagai habluminannas, dengan demikian kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dimana akan direncanakan setiap mesjid memberikan beasiswa kepada 1 orang mahasiswa atau calon mahasiswa UNHAS atau ITSBM Kep. Selayar yang memiliki potensi kemampuan dan sesuai dengan syarat tertentu salah satunya keaktifannya dalam berjamaah di masjid, jadi selain masjid memakmurkan masyarakat, masyarakat juga memakmurkan masjid". Ucapnya. 

Selanjutnya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Selayar, Firman menyampaikan amanah dari Ka Kankemenag Selayar karena tidak sempat menghadiri rakor tersebut dikarenakan sedang dinas luar kota, beliau menyampaikan bahwa "optimalisasi fungsi masjid diharapkan pembinaan akan berfokus untuk mengembangkan pemberdayaan masjid melalui pola idaroh (managemen), imaroh (pengelolaan program), dan ri’ayah (pengelolaan fisik). Selain itu masjid berfungsi sebagai pusat dakwah dan kegiatan sosial, Corong perubahan, dan wadah pembinaan jemaah." Demikian amanah dari Ka Kankemenag Selayar. 

Lebih lanjut, Firman mengungkapkan bahwa Ia sangat mendukung  usulan oleh Wakil Bupati Saiful Arif, akan tetapi tidak terkhusus di pendidikan saja, Firman berharap dalam pengoptimalisasian fungsi masjid, hal pertama yang ingin disejahterahkan adalah para petugas mesjid seperti imam, muadzin, khatib/penceramah, marbot, dan lainnya. 

"Hal ini perlu menjadi perhatian khusus, karena jika masjid terurus dengan baik maka masyarakatpun akan lebih nyaman berada di masjid. Selain itu, fungsi masjid juga diharapkan dapat membantu jamaah yang sakit, mendanai UMKM sekitar masjid , dan lainnya." Terangnya. 

Selain membahas optimalisasi fungsi masjid, rakor tersebut membahas kegiatan keagamaan lainnya yang akan dilaksanakan tahun 2023 ini, diantaranya sinkronisasi materi dakwah, peningkatan kualitas dan kwantitas mubaligh, dan persiapan safari Khatib Jum'at, dan Safari Ramadhan. (dp) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga