Kasubag TU Kemenag Hadiri Rakorda BPS Kepulauan Selayar

  • Sept. 28, 2022, 12:53 p.m.

H. Firman Kasubag TU KanKemenag Kepulauan Selayar Dalam Rakorda "Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022" Reyhan Hotel

BENTENG ( Humas Selayar ) - Rapat Koordinasi Kabupaten Kepulauan Selayar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) di Reyhan Hotel pada hari selasa (27/09/22) sekitar pukul 20.00 WITA berlangsung Khidmat.

Acara yang dipandu oleh Yuyun Yusniar ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Kepulauan Selayar, Forkopimda, Instansi vertikal, Perwakilan Kodim, Satpol PP, Para Camat, Humas dari beberapa instansi serta undangan lain. Mewakili Kepala Kantor, turut hadir dalam acara Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar H. Firman.

Acara yang bertemakan "Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022" (Regsosek) ini dimaksudkan untuk memperbaiki data terkait status ekonomi masyarakat kepulauan selayar berhubung terdapat banyak data yang kurang valid yang menyebabkan tidak efektifnya penyaluran bantuan-bantuan ke masyarakat.

Oleh karena itu BPS bekerjasama dengan dinas sosial dan dinas kependudukan kepulauan selayar mengadakan pendataan awal untuk mengidentifikasi perekonomian masyarakat kepulauan selayar guna memperbaiki pusat data statistik. Dalam hal ini, BPS akan menurunkan personil kelapangan guna mendata masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Joko Siswanto Kepala BPS diselah penyampaian materinya. Menanggapi hal tersebut, para camat berharap agar personil yang diturunkan oleh BPS kelapangan mengikut sertakan aparat camat dan desa serta mengadakan pelatihan di kecamatan guna memperkenalkan personil pendataan ke masyarakat.

Senada dengan itu, kepala dinas Penanaman Modal Muhammad Arsyad juga menyampaikan dalam sesi diskusi agar sekiranya para personil pendata melibatkan para PTT yang ada di kecamatan dan desa.

"Jika ingin mendapatkan data masyarakat yang valid, saya menyarankan agar para PTT yang ada dikecamatan turut dilibatkan karena para masyarakat akan lebih nyaman disaat orang yang datang mendata adalah orang yang mereka kenal dan dekat dengan mereka". Ungkap Arsyad

Beliau juga menambahkan bahwa semua pasti akan ikut mendukung kegiatan tersebut, namun agar masyarakat bisa bekerjasama dengan baik serta untuk lebih efektifnya pendataan, maka melibatkan orang yang mereka kenal akan lebih baik. Tambah Arsyad dalam rapat.

Terkait hal tersebut H. Firman menyampaika dukungan penuh Kementerian Agama Kepulauan Selayar dalam hal pendataan tersebut.

"Kantor kementerian agama kabupaten kepulauan selayar mendukung kegiatan Pendataan ini, jika pihak BPS akan melakukan sosialisasi maka kita akan arahkan seluruh penyuluh agama Islam untuk membantu mensosialisasikan kegiatan tersebut". Pungkas H. Firman diakhir rapat.(nh)


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga