Kasi PD. Pontren Selayar Beberkan Hasil Rakor Di Bulukumba

  • Jan. 11, 2022, 11:35 a.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Salah satu rangkaian acara Hari Amal Bakti (HAB) ke -76 Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Bulukumba, adalah Rapat Koordinasi Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. (Jumat, 7 Januari 2022)

Rapat Koordinasi yang menghadirkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Selawesi Selatan tersebut dilaksanakan di Hotel Arini 1 Kabupaten Bulukumba. Acara ini juga dihadiri seluruh Pamong Belajar Ahli Muda Taman Pendidikan Alquran, Pamong Belajar Ahli muda Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pamong Belajar Ahli Muda Ma’had Ali, dan seluruh Kepala Seksi Pontren Se Sulawesi Selatan.

Rapat Koordinasi dibuka H. Khaeroni, Kakankemenag Sulawesi Selatan. Dalam arahannya, H. Khaeroni himbau seluruh peserta agar dalam menerbitkan Surat Izin Operasional Pondok Pesantren tetap selalu mengacu kepada Undang-Undang dan regulasi yang telah telah ada sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan Dirjen Nomor 511 Tahun 2021.

Senada dengan itu,  H. Aminuddin. Pamong Belajar Ahli Muda untuk Pondok Pesantren Sulawesi Selatan juga menyampaikan hal terkait dengan penerbitan Izin Operasional.

Izin Operasional Pondok Pesantren nanti dapat diterbitkan apabila telah memenuhi beberapa persyaratan penting, yang di antaranya adalah jumlah santri minimal 15 orang, ada KIai yang memiliki kualifikasi pendidikan berlatar belakang pesantren dan mampu membaca Kitab Kuning, ada masjid sebagai sentral dan pusat kegiatan, ada kantin, lapangan olahraga, kajian kitab kuning, dan beberapa persyaratan lain.” Ujarnya.

Adapun Hj. Tirtawati, saat ini menjabat Pamong Belajar Ahli Muda untuk pendidikan Alquran menyorot masalah Bantuan Operasional (BOP) Taman Pendidikan Alquran. Menurutnya, beberapa Bantuan Operasional yang telah dicairkan ke Taman Pendidikan Alquran terkadang menemukan kendala dalam hal pelaporan.

Laporan hasil penggunaan BOP idealnya segera dilaporkan setelah pencairan.” Ungkapnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari Kasi PD. Pontren Kepulauan Selayar,  Rapat Koordinasi PD. Pontren yang berakhir sekitar Pukul 23:00 adalah satu-satunya Rapat Koordinasi yang dihadiri dan dibuka oleh Kakanwil Provinsi Sulawesi Selatan. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga