Kakankemenag Selayar Kembali Himbaukan Moderasi Beragama Di Lingkup Kementerian

  • Nov. 22, 2021, 2:07 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) H. Nur Aswar Badulu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar yang juga adalah Dosen Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Makassar, dalam apel kerja pagi tadi (Senin, 22 November 2021) himbau seluruh ASN lingkup Kementerian Agama agar kedepankan sikap moderasi di dalam beragama.

Dalam arahannya, H. Nur Aswar Badulu yang pada beberapa hari lalu ikuti program Training Of Trainer (TOT) terkait Moderasi Beragama mengatakan bahwa Tahun 2022 mendatang, dunia global akan memasuki Era Moderasi Beragama. Hal tersebut menurutnya juga menjadi agenda penting dalam pertemuan internasional di Manado sebagaimana yang diikutinya pada beberapa hari lalu.

Dalam pertemuan internasional di Manado, ditengarai hampir seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota hadir dalam acara itu. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama secara khusus menyampaikan di hadapan para Kakankemenag agar pro aktif dalam menyampaikan pesan-pesan terkait moderasi beragama.” Ujarnya.

Selain masalah moderasi beragama, H. Nur Aswar juga sampaikan hasil evaluasi Kakanwil, KH. Khaeroni terkait vaksinasi covid 19. . Berdasarkan hasil pemantauannya, gerakan vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Selatan dan lingkup Kementerian Agama secara khusus belum mencapai target sesuai yang diinginkan. Olehnya itu, menurut Kakankemenag Selayar,  Kakanwil Sul-Sel harapkan seluruh ASN lingkup Kementerian agar mengajak minimal 10 orang, baik keluarga maupun masyarakat supaya dapat ikut serta sukseskan pelaksanaan Vaksin Covid-19.

Dalam rangka pelaksanaan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, Insya Allah kita pun akan adakan vaksinasi massal, adapun mengenai waktu dan tempatnya akan diatur kemudian oleh pihak panitia.” Katanya.

Dalam apel kerja yang juga dihadiri oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi PD. Pontren, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf, dan beberapa Pengawas Madrasah Dr. Nur Aswar juga ingatkan kepada seluruh ASN jajaran Kemenag Selayar supaya tingkatkan kinerja dan kepedulian.

Kita jangan bermasa bodoh dan mendahulukan ego. Ibaratnya semua kita berada dalam satu kapal yang sementara berlayar, kalau kita bermasa bodoh dan membiarkan saudara kita melakukan kesalahan, maka kelak akibatnya semua penumpang kapal akan jatuh tenggelam.” Ungkapnya memotivasi para peserta apel.

Di akhir arahannya, Kakankemenag Selayar juga sampaikan bahwa Kemenag Selayar diharapkan oleh Pemerintah Daerah agar memiliki Stand Layanan di Mal Pelayanan Publik yang rencananya akan launching pada Hari Jadi Selayar, 29 November 2021 akan datang.

Tentunya tidak semua hal dapat kita layani di Mal Pelayanan Publik. Ada beberapa hal yang mesti dilaksanakan di Kantor, seperti Suscatin, Pernikahan, dan lain-lain. Adapun Pendaftaran Haji, kemungkinannya dapat dilakukan, namun tidak semuanya” Ungkapnya menjelaskan. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga