Kakankemenag Selayar Ikuti Launching Hari Jadi Santri Secara Virtual

  • Sept. 21, 2021, 3:53 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, Nur Aswar Badulu hari ini (Selasa, 21 September 2021) ikuti Launching Hari Jadi Santri secara virtual. Launching Hari Jadi Santri yang diadakan di Gedung Kementerian itu mengangkat Tema Santri Siaga Jiwa Raga.

Menurut Manteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan arahan mengatakan bahwa para santri, baik secara ruhiyah maupun jasadiyah senantiasa bersiap sedia dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peringatan Hari Jadi Santri yang jatuh pada setiap Tanggal 22 Oktober bahkan mengingatkan pada salah satu jejak sejarah kemerdekaan bangsa di mana para santri menjadi garda terdepan dalam meraih kemerdekaan.

Tahun ini tema Hari Santri adalah ‘Santri Siaga Jiwa Raga’. Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.” Pungkasnya.

 Tidak lupa Yaqut Cholil juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah, dalam hal ini adalah Presiden Jokowi yang telah memberikan kado terbaiknya buat pondok pesantren. Setelah di Tahun 2018 lalu Pesantren telah secara resmi diakui oleh negara sebagai lembaga pendidikan yang setara dengan pendidikan formal lainnya, maka pada Hari Jadi Santri di Tahun 2021 Presiden Jokowi kembali menandatangani persetujuannya atas hak pesantren memperoleh pendanaan dari daerah.

kado ini hanya khusus diberikan oleh Presiden Jokowi, dan tidak oleh Presiden yang lain.” Tegasnya.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ali Ramdhani dalam laporannya mengatakan bahwa Hari Jadi Santri di Tahun 2021 akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan yang akan berlangsung selama sebulan ke depan di antaranya adalah Pesantren Virtual Exhibition, Sayembara santri siaga jiwa raga yang meliputi Video Aksi Kiai Santri Indonesia (Vaksin), Surat santri untuk Presiden dan Menteri, Santri sehari menjadi menteri, dan berbagai kegiatan lainnya.

Yenri Susanto, Ketua Komisi 8 (Delapan) DPR-RI yang juga adalah sahabat Menteri Agama, saat memberi sambutan juga mengatakan bahwa jumlah pesanten di Indonesia yang pada hari ini mencapai 28 ribu banyaknya adalah merupakan indikator penting betapa Pesantren mempunyai peranan dan kontribusi yang sangat besar dalam mendidik bangsa. Menurutnya, itulah menjadi penyebab sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah, dalam hal ini komisi 8 untuk tidak mensupport lembaga pendidikan pesantren secara finansial.

Hadir dalam acara Launching tersebut adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Seksi PD. Pontren, Kepala Madrasah Negeri Swasta, Pimpinan Pondok Pesantren, dan beberapa pejabat penting lainnya. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga