Kakankemenag Selayar Dampingi Jajaran Kanwil Sul-Sel Kunjungi Pesantren Nur Ali di Bontosikuyu

  • Nov. 23, 2021, 10:25 a.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar, H. Nur Aswar Badulu berkenan mendampingi Sofyan Ahmad, MM. dan Bakri. ME. masing-masing adalah Kepala Seksi Pemberdayaan Umat dan Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dalam kunjungannya ke Pesantren Nur Ali Dusun Buttu Desa Laiyolo Kecamatan Bontosikuyu.

Dalam kunjungannya ke Pesantren Nur Ali, Kakankemenag Selayar juga turut menyertakan Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kepala Penyelenggara Zakat Wakat, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bontosikuyu, Staf Bimas Islam, dan Staf Humas Kementerian Agama.

Hj. Suryani, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren mengatakan bahwa kunjungan tersebut adalah dalam rangka melihat secara langsung lokasi rencana pendirian Pondok Pesantren Nur Ali yang diinisiasi oleh H. Ali Gandong, salah satu tokoh masyarakat Kepulauan Selayar yang juga adalah besan KH. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia. Selain besan dari KH. Ma’ruf Amin, H. Ali Gandong juga adalah ayah dari Bupati Kepulauan Selayar, H. Basli Ali.

Terkait dengan Master Plan Pondok Pesantren, H. Ali Gandong katakan bahwa insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama, pihaknya akan cetak kawasan sawah seluas 3 ha. untuk ditanami padi ladang. Menurutnya, pada saatnya nanti pesantren telah mampu mandiri secara finansial, utamanya hal terkait logistic.

kita akan upayakan sebelum santri masuk pada tahun ajaran baru, pesantren telah panen beras.” Ungkapnya kepada rombongan kemenag.

Lokasi Pesantren berada pada ketinggian yang jaraknya kisaran 5 Km. dari jalan poros Bontosikuyu. Dalam kunjungan kemarin (Senin, 22 November 2021) rombongan Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah tidak mampu mencapai lokasi yang menjadi lahan Pondok Pesantren Nur Ali. Selain karena berada di puncak ketinggian, juga karena kondisi jalan yang kurang layak akibat hujan deras yang terus mengguyur Selayar dalam beberapa hari terakhir.  

Hj. Suryani saat dikunjungi di ruang kerjanya pagi tadi mengatakan bahwa pihak Yayasan Pesantren Nur Ali telah menyerahkan beberapa foto copy dokumen penting yang menjadi persyaratan utama munculnya No Statistik Pondok Pesantren (NSPP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Di antara dokumen yang dimaksudkan adalah Akta Pendirian Yayasan, NPWP, Akta Hibah, dan Master Plan Pondok Pesantren.

Site Plan Pondok Pesantren memang sangat menarik. Di tengah-tengahnya terdapat sungai yang  memisahkan antara lokasi santri putri dan lokasi santri putra.”  Ujarnya sambil memperlihatkan dokumen yang diperoleh dalam kunjungan kemarin. (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga