Kakankemenag Selayar Buka Rapat Koordinasi Daerah Baznas Pagi Tadi

  • Sept. 18, 2021, 5:59 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar adakan Rapat Koordinasi Daerah pagi tadi (Sabtu, 18 September 2021) di Aula Semarang yang bertempat di Baloiya. Rapat Koordinasi yang melibatkan semua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Satgas Zakat Se-Kecamatan Kepulauan Selayar juga dihadiri oleh Ketua Baznas Selayar, Kakankemenag Selayar, Camat Bontoharu, dan Kepala Seksi Penyelenggara Zakat Wakaf Kementerian Agama.

Rapat Koordinasi yang mengusung tema Keluarkanlah Zakat  Maka Penghasilan Meningkat dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas perencanaan pengelolaan zakat dalam lingkup Baznas Daerah dan sekaligus melahirkan ide-ide cemerlang dalam meningkatkan kesadaran ummat islam agar ber-zakat melalui Baznas.

Rapat koordinasi yang diadakan pada hari ini oleh Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural bertujuan untuk meningkatkan kwalitas perencanaan pengelolaan zakat, memasyaratkan cinta zakat, meningkatkan kesadaran ummat islam agar berzakat melalui Baznas, dan juga untuk memperkuat sinergitas Baznas dengan semua UPZ yang telah terbentuk.” Ujar Patta Bone saat memberikan laporan sebagai Ketua Penyelenggara.

Muhammad Ridwan, Ketua Baznas Selayar yang juga adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemerintah Kepulauan Selayar dan juga Kementerian Agama yang telah bersikap pro-aktif dalam mensukseskan jalannya program-program yang ada pada instansi yang dikelolanya saat ini.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah yang telah bersedia mengeluarkan Perda terkait dengan zakat profesi semua Aparatur Sipil Negara yang ada di Kepulauan Selayar. Juga tidak lupa Kami haturkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama yang telah ikut membentuk Satgas Zakat yang telah banyak membantu dalam menyampaikan pesan-pesan zakat kepada masyarakat sampai ke pelosok-pelosok desa sekalipun.” Pungkas Muhammad Ridwan dalam sambutannya.

Dalam Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh sekitar 65 (enam puluh lima) UPZ yang tersebar di beberapa kecamatan, instansi,  dan juga sekolah tersebut, Kakankemenag Selayar, Nur Aswar Badulu sesaat sebelum membuka acara memberikan gambaran sekilas tentang pengelolaan zakat di masa Umar Bin Abdul Aziz sehingga menjadi catatan keemasan islam dalam pengelolaan zakat yang mampu mengentaskan kemiskinan dalam waktu yang relatif singkat, 30 (tiga puluh) bulan.

Menurut Nur Aswar, terdapat minimal 3 komponen penting yang dilakukan oleh Umar Bin Abdul Aziz dalam masa pemerintahannya sehingga mampu peroleh kesuksesan dalam mengentaskan kemiskinan; integrasi Management zakat oleh negara, memilih amil zakat yang kompoten serta sesuai dengan bidang ilmunya, dan perluasan obyek zakat.

Rapat Koordinasi yang telah menjadi agenda tahunan itu ditutup pada Pukul 13:00 dengan beberapa agenda penting yag menurut rencana segera akan dilaksanakan pada Tahun 2021 yang masih tersisa beberapa bulan ke depan. (Myr)

     


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga