Kakankemenag Kepulauan Selayar Hadiri Rapat Persiapan STQH Tingkat Provinsi

  • May 12, 2021, 1:02 p.m.

-

 

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. H. Nur Aswar Badulu, M.SI hadir rapat persiapan pemberangkatan Kafilah Kepulauan Selayar untuk acara Seleksi Tilawatil Quran Dan Hadits yang menurut rencana akan diadakan di Sidrap pada pada awal Juni mendatang. (Senin, 10/05/2021)

Rapat terbatas tersebut juga turut dihadiri oleh Asisten I, Kepala Bagian Kesra, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bontosikuyu, yang mewakili Direktur Rumah Sakit Umum, serta beberapa official STQH.

Kepala Bagian Kesra Sekretaris Daerah dalam penjelasannya mengatakan bahwa jumlah kafilah Kepulauan Selayar yang direncanakan akan berangkat ke Sidrap sebanyak 55 orang, terdiri dari rombongan Pemerintah Daerah, rombongan Kementerian Agama, peserta lomba, official lomba, dan panitia lomba.  Lanjut beliau katakana bahwa kontongen STQH diharapkan berangkat pada Tanggal 2 Mei 2021 dengan rute Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Bone. Menurut perkiraan kontingen ini akan tiba di Kabupaten Sidrap dan akan dijemput oleh Pemerintah setempat.

Untuk persiapan pemberangkatan ada beberapa hal  yang Kami ingin sampaikan, di antaranya adalah masalah rapid test. Di antara peserta yang akan ikut dalam ajang STQH nanti ada beberapa anak yang masih kecil. Apakah seperti mereka juga dipersyaratkan rapid test, mengingatkan umurnya yang masih belia dan dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatannya. Kedua, bahwa peserta lomba adalah inti dari kafilah ini. Tanpa mereka, maka kafilah dan kontingen lainnya tidak mungkin ada. Olehnya itu, kepada kita semua Kami harapkan agar mereka dimanjakan dari semua sisi; transportasi, akomodasi, dan berbagai pelayanan lainnya.”  Demikian ungkap Nur Aswar dalam arahannya kepada semua panitia pelaksana STQH Tingkat Kabupaten.

Beliau juga menambahkan, agar pihak Pemerintah Daerah dapat menyiapkan oleh-oleh khas Kepulauan Selayar untuk diperkenalkan ataupun dihadiahkan kepada kontingen kabupaten lain sebagaimana yang pernah dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya. Mendengarkan usulan dari Kakankemenag Selayar, Asisten I yang berada berdampingan dengan Kabag Kesra dan Staf Ahli langsung menindak lanjuti dengan menyampaikan tekhnisnya secara langsung.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kakankemenag, bahwa Kepulauan Selayar rencananya akan menerjunkan 14 orang peserta lomba yang terdiri dari Cabang hafalan 100 dan 500 hadits, hafalan 1 sd. 10 juz, dan tilawah alquran kategori anak-anak dan remaja.

Dalam rapat yang dihadiri oleh sekitar 17 orang peserta itu, pihak Rumah Sakit juga menghimbau  agar pihak panitia penyelenggara dapat membagi kafilah kepada 3 bahagian atau gelombang untuk memperoleh pelayanan Rapid test di Rumah Sakit untuk menghindari terjadinya kerumunan  dan agar proses pelayanan kepada masyarakat juga tetap dapat berjalan sebagaimana biasanya. (Myr)

 

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga