Kakan Kemenag Selayar Hadiri Silaturahmi Pemuka Agama

  • Nov. 15, 2022, 8:36 a.m.

H. Nur Aswar Badulu Dalam Silaturahmi Pemuka Agama Di Sudiang Makassar

BENTENG ( Humas Selayar ) – Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Silaturrahim Antar Pemuka Agama yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Kakankemenag Selayar, H. Nur Aswar Badulu bertolak ke Makassar dan menghadiri acara tersebut pada hari Ahad (13 November 2022) di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Komisi VIII DPR RI H. Ashabul Kahfi. Turut hadir pula Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Khaeroni, para Kakan Kemenag Kab/Kota se-Sulsel, Kepala Madrasah, Kepala KUA, dan ASN Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Saat dikonfirmasi, H. Nur Aswar selaku Kakan Kemenag Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga merupakan satu wadah untuk menyampaikan program-program yang telah terlaksana di daerah masing-masing, baik terkait perkembangan ataupun kendala yang dihadapi.

"Program-program kemenag di daerah kami sudah banyak yang berjalan, baik itu terkait Tahun Toleransi, Revitalisasi KUA, dan lain-lain, namun kami di kepulauan selayar dalam hal pendidikan sangat prihatin dengan keadaan para pelajar yang berasal dari pulau berhubung banyak pulau-pulau kecil di daerah kami". Ucap H. Nur Aswar.

"Saat-saat tertentu para pelajar yang berasal dari pulau harus bersabar dan batal mudik ke kampung atau balik ke daratan di saat musim angin barat (Kondosi cuaca buruk di selayar di mana curah angin dan ombak sangat kencang). Mereka harus bertahan di kota Benteng sampai kondisi cuaca membaik tetapi terkendala dengan tempat tinggal karena banyak pelajar yang tidak memiliki keluarga di kota Benteng". Lanjut H. Nur Aswar.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi VIII DPR RI H. Ashabul Kahfi menyampaikan harapannya ke Menteri Agama agar ke depan ada Asrama atau hunian untuk para pelajar yang berasal dari daerah kepulauan di Kepulauan Selayar jika saat libur sekolah bertepatan dengan cuaca buruk.

“Selain sudah disampaikan oleh Kakan Kemenag Selayar, ini juga merupakan aspirasi dari orang tua pelajar yang kesulitan saat menuntut ilmu khususnya di Selayar saat cuaca sedang tidak bersahabat. Bagaimana kita membayangkan perasaan anak-anak saat sedang bersemangat bersekolah namun terkendala transportasi tidak berfungsi kala cuaca buruk,” Ungkap H. Ashabul Kahfi.

Senada dengan itu, H. Khaeroni selaku Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel juga mengungkapkan hal sama terkait Hunian tersebut dalam sambutannya saat peresmian KML. Prima milik kemenag selayar beberapa hari lalu.

"Selaku Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, saya mohon bantuan teman-teman di kanwil terkait pengadaan asrama untuk pelajar di kepulauan selayar. Hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab kita bukan hanya instansi pusat, tetapi juga pemerintah daerah untuk membantu para pelajar kita". Ungkapnya dalam sambutan.

Di akhir sambutannya, Menteri Agama yang akrab disapa Gus Menteri Yaqut menyampaikan apresiasi terhadap Ketua Komisi VIII DPR RI.

"Suatu kebanggaan warga Sulawesi Selatan karena memiliki seorang wakil rakyat yang mampu berfikir hingga ke pulau paling ujung sekalipun. Kami berharap aspirasi warga yang disampaikan melalui Ketua Komisi VIII DPR RI ini mampu kami wujudkan". Pungkas Gus Menteri Yaqut.(nh)


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga