Kakan Kemenag Selayar Hadiri Pembukaan Festival Cagar Biosfer Taka Bonerate 2022

  • Aug. 12, 2022, 1:50 p.m.

Suasana Pembukaan Festival Cagar Biosfer Taka Bonerate 2022

BENTENG ( Humas Selayar ) - Festival Cagar Biosfer Taka Bonerate Kepulauan Selayar 2022 dilaksanakan hari Kamis (11/08) di Taman Pelangi sekitar pukul 15.30 WITA resmi dibuka. Kakan Kemenag Kepulauan Selayar Dr. H. Nur Aswar Badulu, S.Ag., M.Si berkesempatan hadir dalam acara.

Acara yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari kedepan dibuka oleh Bupati Kepulauan Selayar dalam hal ini diwakili oleh Sekda Drs. Mesdiyono, M.Ec.Dev. Mengutip sambutan tertulis Bupati, Mesdiyono menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan kegiatan agar membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan konservasi sumberdaya alam yang ada di kepulauan selayar.

"Program Man And Biosphere" merupakan suatu program pemerintahan yang diluncurkan pada tahun 1971 oleh program pendidikan, saintifik dan budaya PBB, Unesco dengan tujuan untuk menetapkan basis saintifik bagi pengembangan hubungan antara manusia dan lingkungannya". Ucapnya dalam sambutan.

Terkait hal tersebut H. Aswar juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pelaku konservasi atas kegigihannya dalam memperjuangkan keharmonisan manusia dengan alam.

"Kepulauan Selayar yang berada di peringkat 10 (sepuluh) Indonesia termasuk Taman Nasional Taka Bonerate terkait Cagar Biosfer ini mesti dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan. Semua itu tidak luput dari usaha teman-teman dan masyarakat yang senantiasa menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam sekitar". Pungkas H. Aswar

Selanjutnya Faat Rudhianto, S. Hut., M.Si selaku Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate mengutip sambutan Dirjen Konsevasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem menyampaikan bahwa Kab. Kepulauan Selayar telah mendapatkan pengakuan dunia internasional pada pertemuan ICC MAB Programme - Unesco Tahun 2015 di Paris-Perancis.

Sekedar informasi, dalam lingkup pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate Kab. Kepulauan Selayar, telah dibentuk forum koordinasi pengelolaan cagar biosfer yang melibatkan Forum koordinasi yang terdiri dari beberapa unsur diantaranya, Pemerintah Daerah Kab. Kepulauan Selayar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, LSM dan akademisi. Dalam Festival juga diikuti oleh MAN Kepuluan Selayar dengan konsep moderasi beragama yang diaplikasikan pada Stand.(nh)


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga