Kakan Kemenag Selayar Hadiri Pelepasan Peserta Jamnas 2022

  • Aug. 5, 2022, 9:14 p.m.

Foto Bersama Wakil Bupati, Kakan Kemenag, Serta Segenap Undangan Menjelang Keberangkatan

BENTENG ( Humas Selayar ) - Jambore menjadi salah satu agenda penting yang wajib dilaksanakan dalam dunia pramuka. Pengertian jambore adalah pertemuan pramuka penggalang yang dikemas dalam bentuk perkemahan yang besar, serta kegiatan ini diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat paling ranting, hingga tingkat nasional.

Hari ini Jum'at (0/08) pukul 07.00 WITA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar H. Nur Aswar Badulu ikut menghadiri upacara pelepasan peserta Jambore Nasional (Jamnas) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Lama (DEKRANASDA) Kab. Kepulauan Selayar. Turut hadir dalam upacara, para Anggota Muspida, sejumlah Kepala OPD, Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka Gugus Depan serta orang tua siswa. Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif yang bertindak sebagai pembina upacara melepas secara resmi peserta Jamnas menuju Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Selaku ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Kepulauan Selayar dalam amanat H. Saiful Arif menyampaikan agar para peserta untuk tetap menjaga nama baik dan mengharumkan nama kepulauan selayar di ajang bergengsi Jamnas.

“Kalian perkenalkan Selayar sebagai daerah kepulauan yang indah, memiliki semangat kemandirian dan kepanduan yang berakar pada nilai-nilai moral, sikap dan perilaku masyarakat yang ulet dan tangguh”. Ucapnya dalam amanat.

Para peserta terdiri dari 21 orang peserta penggalang, 9 orang pembina dan 7 orang dewan kerja cabang kwarcab Selayar. Rombongan kontigen kwarcab Selayar berangkat menggunakan Armada Laut KM Dharma Kartika dari Pelabuhan Benteng menuju Kota Makassar yang kemudian dilanjutkan menggunakan KM Umnisi menuju Jakarta setelah pelepasan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

H. Nur Aswar Saat dikonfirmasi menyampaikan agar para peserta Jamnas untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan disiplin agar mendapatkan banyak pengetahuan baru, agar menambah pemahaman, menambah wawasan, sehingga dapat membantu pembangunan berkelanjutan di Kepulauan Selayar.

"Saya harapkan selama mengikuti jambore, anak-anakku dapat memberikan citra positif dengan bersikap ramah, sikap sopan santun, berbudi pekerti luhur, dan siap menolong siapa pun yang memerlukan bantuan yang sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka". tambah H. Nur Aswar.

MTs. Amaliah Mare-mare merupakan salah satu madrasah yang mengirimkan pesertanya. Sitti Nurhaedah selaku Kepala Sekolah sekaligus Kamabigus merasa haru dan bangga atas terpilihnya siswa-siswi madrasahnya.

"Selaku Kamabigus tentunya merasa bersyukur dan bangga dengan terpilihnya 5 orang anggota kami bisa mewakili kepulauan Selayar untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur. Dan kami juga berterima kasih kepada Kakan Kemenag Selayar atas dukungannya. Dilain sisi juga kami berharap kepada Kankemenag agar kami diberi ruang untuk berkarya dan berkreasi khusus dibidang Pramuka Madrsah. harapnya. 

Sekedar informasi, Anggota MTs. Amaliah Mare-Mare yang turut berangkat terdiri dari 2 orang laki-laki (Patriandi dan Andi Aditia Dermawansyah) dan 3 orang perempuan (Nadin Khusnul Khatimah, Andi Nurul Masyita dan Nur Faizah Ramadhani), Kamabigus 1 orang (Sitti Nurhaedah S.Pd.I), Pembina 2 orang (Sri Eka Santi, S.Pd dan Andi Nurhidaya, S.Pd.I).(nh)


Sumber
Penulis : Nur Hikmayanto

Baca Juga