Ka Kankemenag Ikuti Rapat Kerja Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) | Baruga Rumah Jabatan Bupati Kab. Kep. Selayar

  • Dec. 1, 2021, 10:06 p.m.

-

Benteng (Humas Selayar) - Ka Kankemenag Kab Kep. Selayar Nur Aswar Badulu bersama dengan Kasubag TU Firman mengikuti Rapat Kerja Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab. Kep. Selayar Periode 2021-2026 bertempat di Baruga Rumah Jabatan Bupati Kab. Kep. Selayar, Rabu (01/12/2021).

Kegiatan tersebut membahas tentang jenis program yang berhubungan dengan pengembangan organisasi, program kebutuhan sosial dan dakwah, program yang dapat dilaksanakan yang berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan, dan bagaimana peserta rapat kerja dapat merumuskan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi.

Saiful Arif selaku Ketua IPHI Kab. Kepulauan Selayar menyampaikan "Bahwa ada program pemerintah sekarang yang senada dan searah yaitu Gerbang Sari (Gerakan Membangun Desa Mandiri) itu merupakan satu benang merah yang kita tarik untuk mempertegak arah perjuangan IPHI ditengah-tengah benang merah itu."

"Karena tugas utama pemerintah disamping untuk melakukan pembangunan yang muaranya pada kesejahteraan, untuk memberikan pelayan yang muaranya untuk keadilan, untuk melakukan pemberdayaan muaranya untuk kemandirian, disamping itu ada tugas perlindungan untuk menciptakan keamanan, dan diantara itulah kita akan berkiprah." Tambahnya.

Saiful Arif juga mengatakan bahwa pemberdayaan merupakan tugas utama pemerintah untuk melahirkan kemandirian apakah yang digarap koperasi, bermitra dengan bumdes, ataupun baitulmal.

"Tetapi arahnya pada pemberdayaan, karena kalau sudah berdaya masyarakat kita yang dimottori oleh IPHI, maka tugas pemerintah akan menjadi lebih ringan." Lanjutnya. 

Saiful Arif juga berharap setelah rapat tersebut ada rapat terbatas yang akan dihadiri oleh beberapa pengurus untuk memberikan mandat siapa yang bertugas untuk memandu lahirnya pengurus inti IPHI di Passimarannu, Passimasunggu, dan Passilambena tergantung kesepakatan pengurus. (dp) 


Sumber
Penulis : Dian Pertiwi

Baca Juga