Forum Komunikasi Penyuluh Kementerian Agama Kepulauan Selayar Adakan Wisuda Santri

  • April 10, 2021, 12:04 p.m.

-

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar beserta jajaran Kepala Seksi lingkup Kementerian Agama; Seksi Bimas Islam dan Seksi Pendidikan Diniyah serta Pondok Pesantren, Dr. H. Nur Aswar Badulu memberikan arahannya kepada para santri wisudawan dan para penyuluh agar tetap semangat serta terus  beristiqamah dalam mempelajari dan mengajarkan Alquran (Sabtu, 10/04/2021).

Taslim, Penyuluh Bontosikuyu yang juga adalah Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Kabupaten Kepulauan Selayar,  dalam sambutannya mengatakan bahwa Tema Wisuda yang diadakan pada hari ini adalah Santri Sehat dan Indonesia Kuat. Tema tersebut sengaja diangkat oleh panitia mengingat seluruh komponen bangsa pada hari ini masih dalam suasana pandemi yang mencekam.

Sehat yang kita maksudkan mengandung 2 hal; santri sehat secara fisik dengan cara mengatur pola makan yang baik, menjauhkan dari makanan-makanan yang haram, dan senantiasa menjaga protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah. Kedua, bahwa para santri kita juga sehat secara spiritual dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan bacaan-bacaan alquran.” Demikian ungkap Taslim saat menyampaikan laporan panitia.

Ahmad Fahmi, salah seorang penyuluh Kecamatan Benteng yang juga aktif memberikan penyuluhan di Rumah Tahanan Kepulauan Selayar mengatakan bahwa Wisuda Santri yang diadakan oleh FKP Kepulauan Selayar dibagi pada 2 gelombang. Gelombang pertama yang diadakan pada hari ini melibatkan 90 wisudawan santri/ santriwati dan akan dilanjutkan pada gelombang kedua yang diadakan esok hari yang rencananya akan  melibatkan 120 santri berasal dari Kecamatan Buki, Bontomanai, dan Bontomatene.

Kepada seluruh santri wisudawan saya harap agar terus memacu dan meningkatkan diri dalam membaca alquran, jangan kiranya berhenti setelah terlaksananya wisuda. Demikian pula kepada para penyuluh, saya juga berpesan supaya tetap meningkatkan pembinaan kepada para santri khususnya dalam membaca alquran.” Pungkas Kakankemenag Selayar dalam sambutannya.

Terkait dengan pelaksanaan Wisuda pada hari ini, Aswar juga menambahkan bahwa beliau sangat mengapresiasi dan  memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para panitia  yang telah melaksanakan wisuda akbar ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang cukup ketat sehingga tidak menjadi sumber pembentukan klaster penyebaran pandemi covid-19.

Adapun terkait dengan kendala yang dihadapi dalam penyelenggaran wisuda ini, pihak panitia, dalam hal ini Taslim kepada salah seorang staf Humas Kemenag mengharapkan agar dalam pelaksanaan wisuda gelombang kedua esok harinya dapat dibantu dalam pengadaan layar di luar ruangan mengingat jumlah peserta wisuda dan pendamping yang cukup banyak. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga