Capai Perkawinan Kokoh, Kakan Kemenag Selayar Sampaikan 4 Pilar Perkawinan

  • May 18, 2022, 9:06 a.m.

-

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Kakan Kemenag Selayar Nur Aswar Badulu dalam arahannya menekankan bahwa tujuan kegiatan Bimwin ini untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada catin dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warrahmah (17/05/22)

Kakan Kemenag Selayar dalam menyampaikan materinya mengatakan, keluarga yang sakinah adalah keluarga yang tetap tenang dan harmonis meskipun sedang menghadapi masalah dalam rumah tangga. Sedangkan Mawaddah Warahmah adalah perasaan cinta yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan dirinya dan orang yang dicintainya.

"Dalam mewujudkan perkawinan yang kokoh, diperlukan 4 (empat) pilar yang menjadi landasan dalam berumah tangga" Ungkap Nur Aswar.

Empat pilar tersebut adalah; (1) Zawaj, Kesadaran berpasangan; (2) Mitsaaqan Ghalizhan, Janji yang Kokoh; (3) Mu'asyarah Bil Ma'ruf, memperlakukan pasangan dengan baik, dan (4) Musyawarah, membangun hubungan komunikasi dan mengambil keputusan terbaik.

Lebih lanjut Nur Aswar juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa komponen penting dalam hubungan perkawinan yaitu kedekatan emosional dalam bentuk kasih sayang dan adanya komitmen atau ikatan yang kokoh yang mampu menyangga sendi kehidupan rumah tangga.

Turut hadir Kasi Bimas Islam Saiful Herman bersama stafnya, Penyuluh Agama Zubair Nur, dan Kepala KUA Bontosikuyu Sainuddin.(na)


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga