Bina RA Lingkup Kemenag Selayar, Pengawas Turun Ke Lapangan

  • Sept. 23, 2022, 9:19 a.m.

Monitoring dan Supervisi oleh Pengawas Madrasah

Benteng (Humas Selayar) Pengawas Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Bau Hawa melakukan Monitoring standar isi dan standar proses, sekaligus supervisi akademik terkait kelengkapan administrasi dan perangkat pembelajran dewan guru di RA Nurul Jihad Iraja Lebo pada Rabu (21/09/22).

Tujuan Monitoring ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan program RA untuk masing-masing standar.

Dalam kegiatan tersebut, Pengawas, Bau Hawa memberikan pengarahan sekaligus pembinaan terhadap guru yang didampingi oleh Kepala RA Nurul Jihad Iraja Lebo.

Beliau menyampaikan, setiap guru harus melaksanakan empat standar pendidikan yaitu standar Kelulusan, Standar Isi , Proses dan Penilaian, dan ini harus dibuktikan dengan kelengkapan administerasi guru dan lainnya sesuai dengan Instrumen Supervisi Administrasi Guru" ungkapnya.

"Guru dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang menyenangkan bagi peserta didik dengan mengacu kepada standar proses" ungkapnya.

Selain itu, Bau Hawa juga menyampaikan bahwa para guru harus memiliki perencanaan dalam pelaksanaan tugasnya dan mampu mengevaluasi terhadap tugas yang dilaksanakan serta berinovasi dan melakukan terobosan.

Melalui monitoring ini, diharapkan standar proses dijadikan acuan bagi guru untuk merencanakan, membuat, dan mengimplementasikan program-programnya dalam upaya peningkatan kompetensi guru demi peningkatan mutu peserta didik. (na)


Sumber
Penulis : Niar Almayana

Baca Juga