Bersama Kakankemenag Selayar, KaKanwil Kemenag Sulawesi Selatan Hadiri Hari Jadi ke-416 Selayar

  • Nov. 30, 2021, 9:57 a.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Khaeroni peroleh kehormatan dengan mendapatkan undangan khusus menghadiri peringatan Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kepulauan Selayar. Didampingi Kakankemenag Selayar, H. Nur Aswar Badulu keduanya hadir pada pukul 08:30 di Ruang Pola Kantor Bupati. (Senin, 29 November 2021)

Selain memenuhi undangan khusus Bupati Kepulauan Selayar, H. Khaeroni juga menghadiri sejumlah agenda penting yang diadakan oleh internal Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama. Di antara penting yang dimaksudkan adalah, peninjauan lokasi Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Buki, Sosialisasi KMA 660, Pembinaan ASN tentang moderasi beragama, serta Dialog Kebangsaan dan Moderasi Beragama bersama Kepala Kesbangpol Sulawesi Selatan.

Terkait Peringatan Hari Jadi ke-416 Kepulauan Selayar, pelaksanaannya diadakan di ruangan terbatas dan dikemas dalam bentuk Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dibuka langsung oleh Ketuanya, Mappatunru, S.Pd. Hal tersebut dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan, di antaranya adalah pertimbangan pandemi covid-19.

Walau digelar dalam ruangan tertutup dan dengan jumlah yang terbatas, namun dengan kemajuan tekhnologi berbagai elemen penting masyarakat selayar yang berada di luar daerah ikut bergabung lewat video conference dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeteng. Tercatat di antaranya yang sempat hadir dalam acara penting itu adalah Bupati Selayar periode 1994-2004, Wakil Bupati Selayar periode 2005-2010, Wakil Bupati Selayar periode 2015-2021, Wakil Askomlek TNI, Brigjend Nur Salam, serta beberapa tokoh masyarakat lain.

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, St. dalam sambutannya mengatakan bahwa walau beliau secara fisik tidak dapat hadir lansung, namun H. Andi Sudirman Sulaiman tetap sangat mencintai Kepulauan Selayar dan akan berupaya hadir bersama dengan Wakil Presiden RI. yang akan dijadwalkan kemudian.

secara khusus saya juga sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang telah membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menyelesaikan sengketa Pulau Kakabia.” Ujarnya saat memberikan sambutan dalam rangka Hari Jadi ke-416 Selayar.

Selain di atas, terkait dengan program keagamaan Pemerintah Provinsi Sulawesi juga sangat berterima kasih dengan hadirnya program Selayar Mengaji dan berjanji akan menggelontorkan dana milyaran rupiah untuk pembangunan masjid agung dan persiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hifdzil Quran yang menurut rencana akan terselenggara pada Tahun 2023 mendatang.

H. Basli Ali selaku Bupati Kepulauan Selayar dalam sambutannya sempat teteskan air mata saat menyampaikan tentang tanggung jawab besar yang diemban oleh Bupati Selayar. Menurutnya, karakteristik Kepulauan Selayar yang secara geografis terpisahkan dari Sulawesi Selatan akan membuat siapapun yang menjadi Bupati pasti akan merasakan dan menemukan kendala serta tantangan besar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat.

terus terang saya sangat kagum dan berterima kasih kepada semua bupati terdahulu, bahwa walau mereka berada dalam keterbatasan dari semua sisi, dana dan kondisi geografis, mereka telah mampu menghadirkan pelayanan yang maksimal. Di sini kita dituntut memikirkan bencana alam di lautan, mendatangkan segala kebutuhan sandang pangan masyarakat dengan berlayar dari satu pulau ke pulau lain, menghadirkan semua perangkat infrastruktur dengan menyeberangi lautan yang luas, menyeimbangkan pembangunan daratan dan kepulauan di tengah keterbatasan dana, serta pengadaan air minum di beberapa desa terpencil dan lain-lain.” Ujar Basli Ali dengan mata berkaca-kaca.

Di penghujung acara, Kakankemenag Selayar, H. Nur Aswar Badulu peroleh kepercayaan dari Pemerintah Daerah untuk membacakan doa agar Pemerintah Kepulauan Selayar dengan seluruh jajarannya senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan oleh Allah Swt. dalam menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi seluruh rakyatnya. (Myr)

 

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga