Begini Cara Atasi Covid 19, Kata Kasubag TU. Kemenag Selayar

  • July 26, 2021, 10:29 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Beberapa hari terakhir ini, masyarakat Kepulauan Selayar menjadi sorotan media. Pasalnya beberapa media lokal dan dan bahkan Media Makassar angkat pemberitaan meningkatnya jumlah penderita Covid 19 di daerah tersebut. Menurut Bupati Kepulauan Selayar, hal itu juga dipengaruhi oleh penderita covid yang berada di luar daerah namun memiliki Kartu Penduduk Kepulauan Selayar.

Hadir dalam acara Apel kerja tersebut adalah Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kepala Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf, para pengawas, serta seluruh staf lingkup Kementerian Agama.

akhir-akhir ini kita dikagetkan dengan banyaknya saudara-saudara kita yang meninggal dunia dalam waktu yang hampir bersamaan. Ada yang meninggal dunia di rumah sakit dan dinyatakan menderita covid 19 dan juga ada yang meninggal di rumah masing-masing karena faktor usia yang telah lanjut. Terlepas dari semua yang melatar belakangi kepergian mereka, kita tetap harus senantiasa menjaga 2 (dua) hal; meningkatkan IMUN dan IMAN.” Jelas Firman dalam memulai arahannya pagi tadi.

Kasubag TU. itu menjelaskan selanjutnya bahwa meningkatkan imun adalah dengan jalan menjaga protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah; menjaga jarak, memakai masker, serta selalu mencuci tangan. Selain itu, juga diimbau agar banyak beristirahat sesuai dengan anjuran kesehatan, minimal delapan jam dalam sehari.

Terkait pelaksanaan Surat Edaran untuk melakukan Work From Home (WFH), regulasinya menjadi wewenang Kepala Kantor Kementerian Agama yang akan diatur kemudian. Namun menurutnya, bagi seluruh Aparatur Sipil Negara yang merasa kurang sehat dan terdapat gelaja terindikasi covid 19 dapat membuat Surat Izin untuk beristirahat sementara waktu.

Firman juga ungkapkan bahwa orang-orang tua dahulu dalam menjaga kesehatan mereka, biasanya dengan mandi di waktu shubuh dan beraktifitas fisik yang cukup. Biasakan berolah raga dan menghindari tidur di waktu pagi. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah saw. bahwa tidur di waktu shubuh itu akan mewariskan kefakiran.

Sementara yang dimaksudkan meningkatkan iman adalah dengan jalan memperbaiki ibadah dan ketaatan kepada Allah Swt. Ibadah bisa dengan memperbanyak zikir, membaca alquran, memperbaiki kualitas shalat, dan lain-lain sebagainya.

Di akhir arahannya, Firman juga mengharapkan agar semua ASN senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya masing-masing, sebab ke depannya hanya orang-orang yang pandailah yang tidak akan tergilas oleh zaman. (Myr)  

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga