Baznas Selayar Kembali Distribusikan Dana Zakat Untuk 282 Kaum Dhuafa Hari Ini

  • July 28, 2021, 1:15 p.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar yang diketuai oleh AGH. Muhammad Ridwan gelontorkan dana jutaan rupiah untuk menyantuni kaum dhuafa yang tersebar di 5 (lima) Desa Kecamatan Bontomatene pada hari ini. (Rabu, 28 JUli 2021).

Hartawati, Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf mengatakan bahwa Baznas dalam menyalurkan bantuannya pada hari ini didampingi oleh Satgas Zakat Kecamatan Bontomatene sebanyak 3 (tiga) orang. Ketiga Satgas Zakat yang dimaksudkan terdiri Penyuluh Non PNS yang diangkat oleh Kementerian Agama.

Abdullah, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Selayar menginformasikan bahwa terdapat 5  Desa di Kecamatan Bontomatene yang pada hari ini memperoleh bantuan berupa uang tunai dari Baznas; Onto (66 KK), Maharayya (34 KK), Batangmata (85 KK), Barat Lambongan (66 KK), dan Tamalanrea (31 KK).

Untuk Kecamatan Bontomatene, terdapat 12 Desa yang akan memperoleh santunan dari Baznas yang insya Allah akan selesai dalam 3 hari ini.”  Demikian ungkap Hartawati sambil memperlihatkan jadwal pendistribusian yang dikeluarkan oleh Baznas.

Dalam pembagian santunan zakat untuk para mustahiq, Tim Baznas menyerahkan langsung kepada yang bersangkutan di Kantor Desa yang difasilitasi oleh Pemerintah setempat. Penyerahan yang dilakukan juga disaksikan oleh Kepala Desa, Tokoh masyarakat, serta jajaran pemerintah terkait.

Beberapa masyarakat yang sempat diwawancarai mengatakan bahwa walau jumlah tidak terlalu banyak dan dibagikan dalam waktu-waktu tertentu, pembagian dana mustahiq yang bersifat insidentil ini cukup membantu mereka, apalagi di masa pandemi covid 19 saat diberlakukannya PPKM Mikro.  

Hal senada juga disampaikan oleh Hartawati saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, beliau juga berharap agar nominal santunan buat para mustahiq ke depannya dapat lebih meningkat dan jaraknya juga tidak terlalu lama.

Pemerintah dalam hal ini adalah Kepala Desa juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas adanya kepedulian pemerintah, dalam hal ini adalah Baznas yang telah terjun langsung mengunjungi dan menyantuni para kaum dhuafa yang ada dalam wilayah mereka.  (Myr)

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga