Baznas Kepulauan Selayar Gelar Acara Bimtek dan Penandatanganan Kerjasama Dengan Kemenag.

  • Nov. 22, 2021, 11:53 a.m.

-

 

Selayar (Humas Benteng) Badan Amil Zakat Nasional Kepulauan Selayar hadirkan seluruh Unit Pengumpul Zakat Se-Kepulauan Selayar untuk ikuti Bimbingan Tekhnis. Acara Bimbingan Tekhnis yang berlangsung di Aula Kementerian Agama pagi tadi (Senin, 22 November 2021) juga dihadiri oleh Ketua Baznas Kepulauan Selayar, Kepala Kantor Kementerian Agama, serta para Satgas dan UPZ dari berbagai instansi dan lembaga.

Selain Bimtek, dalam acara tersebut juga diadakan penandatanganan kerjasama antara Kementerian Agama dengan Baznas Kabupaten. Menurut Ketua Baznas, KH. Muhammad Ridwan yang juga adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Agama telah banyak ber-kontribusi dalam memajukan Baznas Kabupaten, bahkan sampai pada persoalan tekhnis.

KH. Muhammad Ridwan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Bimtek yang digelar pada hari ini adalah merupakan bagian dari ibadah kepada Allah Swt.

Persoalan zakat adalah persoalan yang sangat penting dalam agama, dia adalah bagian dari rukun islam. Dengan membicarakan zakat, maka kita sementara membicarakan tentang upaya menyelamatkan orang-orang kaya dari api neraka demikian halnya dengan orang-orang miskin.”

Dalam penjelasannya, KH. Muhammad Ridwan mengatakan bahwa realita di tengah-tengah masyarakat kita menunjukkan adanya peningkatan jumlah buta aksara Alquran karena persoalan ekonomi.

itulah sebabnya sehingga Nabi Saw. dalam sebuah haditsnya menegaskan, hampir saja kefakiran itu mengantarkan kepada kekafiran.” Ujar Muhammad Ridwan

H. Nur Aswar Badulu yang juga hadir dalam rangka membuka acara, di dalam sambutannya menghimbau kepada Penyelenggara Badan Amil Zakat agar sedapat mungkin memanfaatkan tekhnologi dalam upaya meningkatkan Income Baznas. Dalam pandangannya, Project Images dengan memanfaatkan media sosial dan kecanggihan tekhnologi adalah penting dalam upaya meningkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat.  

Terdapat 4 hal yang perlu dilakukan dalam upaya meraih kesuksesan; ada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,  dan proses pengawasan.” Ungkapnya

Sebelum akhiri sambutannya, Kakankemenag Selayar yang juga adalah penulis produktif, ingatkan kepada seluruh peserta UPZ dan Satgas yang berjumlah 31 orang, bahwa mengelola zakat memiliki implikasi yang bersifat vertical, pertanggung jawaban kepada Allah Swt. dan bersifat horizontal, pertanggungjawaban kepada sesama manusia. (Myr)


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga