Arahan Kakankemenag Kepulauan Selayar Dalam Rangka Pemetaan Kelompok Kerja Kepala Madrasah

  • May 5, 2021, 2:39 a.m.

-

 

Kepulauan Selayar (Humas Kemenag) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. H. Nur Aswar Badulu berkenan menghadiri Rapat Koordinasi dalam rangka Pemetaan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM), Kelompok Kerja Guru (KKG) , dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Turut hadir dalam acara Rapat Koordinasi tersebut adalah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah, dan para pengawas. (Rabu, 05/05/2021)

Ada beberapa aspek yang harus difahami oleh seorang Kepala Madrasah, di antaranya adalah Aspek Kompotensi dan Aspek Managerial.” Papar Kakankemenag dalam Rapat Koordinasi.

Lebih lanjut, Aswar menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kompotensi adalah Kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin, mengarahkan, dan mengembangkan sekolah yang diamanahkan. Maka menurut Nur Aswar Badulu, dalam hal ini Kepala Sekolah diharapkan agar memiliki Visi dan Misi yang menjadi pegangan dalam melakukan semua aktifitas dalam lingkup sekolahnya.  

Adapun yang Kami maksudkan dengan Aspek Managerial adalah kemampuan seorang Kepala Sekolah dalam mengelola semua potensi yang dimiliki oleh sekolahnya. Kepiawaian dalam melakukan interaksi, baik internal dan external, kemampuan membangun jejaring, kemampuan melakukan komunikasi, baik kepada masyarakat dan pemerintah, adalah hal-hal yang termasuk dalam Aspek Kemampuan Managerial.” Jelas Nur Aswar kepada para Kepala Madrasah.

Senada dengan penyampaian Kakankemenag, Kepala Seksi Mapenda, Hj. Andi Nirmala juga menghimbau kepada seluruh Kepala Madrasah agar terus berupaya membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan juga pemerintah. Dalam pandangannya, masyarakat dan pemerintah semuanya adalah potensi dan sumber kekuatan yang apabila seorang Kepala Madrasah dapat memanage-nya dengan baik, maka insya Allah akan memunculkan kekuatan yang luar biasa dalam memajukan madrasah.

Dalam Rapat KKM itu juga, Andi Nirmala melaporkan kepada Kepala Kantor Kemenag bahwa seluruh Kepala Madrasah telah pernah mengikuti Pelatihan Management Madrasah yang telah dilaksanakan secara berkala.

Harning H. Tabbu, S. Ag, Kepala MIN 4 Kepulauan Selayar, di akhir acara Rapat Koordinasi meminta kepada Kakankemenag agar jangan pernah jenuh dalam memberikan bimbingan dan juga arahan kepada Kepala Madrasah supaya tetap terus ber-istiqamah dalam membawa madrasah menjadi Madrasah yang hebat dan bermartabat. (Myr)

 

 

 

 

 

 

 


Sumber
Penulis : Muhammad yamril

Baca Juga